BP2RD Konsel Genar Sosialiasi Pajak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

BP2RD Konsel Genar Sosialiasi Pajak

KOLAKAPOS, Andoolo–Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) gencar melakukan sosialisasi dalam meningkatkan pendapatan hasil daerah, salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan dan pedesaan tahun 2017. Sekaligus peningkatan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Kepala BP2RD Konsel, Sahrin Saudale menjelaskan, NJOP tersebut selama ini belum pernah diberlakukan sejak Konsel terbentuk sebagai daerah otonom, Sehingga dengan adanya peningkatan ini tentu akan ada nilai tambah ekonomi kepada masyarakat.

“Apabila NJOP nya meningkat, maka nilai tanah masyarakat juga akan dinilai dengan harga yang wajar sesuai dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu Bupati memerintahkan supaya NJOP ini ditinjau kembali dan saat ini kami sudah satu minggu melakukan sosilaisasi bersamaan dengan musrembang di Kecamatan se Konsel,” jelasnya.

Terutama lanjut dia, para Kepala Desa (Kades) nanti setelah itu menyampaikan kepada masyarakatnya. Agar ada kesepakatan, karena dalam menetapkan NJOP ini ada beberapa sistem didalamnya. Diantaranya melihat harga tanah sekarang ini kemudian membandingkan dengan diwilayah sekitar sebagai acuan untuk menetapkan jumlah NJOP.

“Jadi bisa saja 25 Kecamatan yang ada di Konsel, NJOP nya berbeda-beda dengan melihat wilayah yang masuk kategori kota dan desa. Contohnya Ranomeeto wilayah itu masih berdekatan dengan Kota sementara NJOP tanah untuk Kota nilainya sebesar Rp. 65 ribu per M2 (Meter Persegi), jadi kemungkinan Ranomeeto NJOP nya dibawah dari Rp. 65 ribu,” ungkapnya.

Mantan Kepala Inspektorat ini menambahkan, Pajak untuk Konsel yang selama ini sering dipungut berjumlah 2 Miliar. Kalau didalamnya sudah masuk NJOP, kemungkinan Pajak di Konsel bertambah menjadi 3,5 Miliar pertahun.

“Jika sudah berjalan, NJOP tersebut akan dilakukan peninjauan setelah tiga tahun kedepan. Saat ini sosialisasi tersebut sudah meliputi 25 Kecamatan se Konsel, kita berharap dengan peningkatan NJOP ini masayarakat makin sadar akan tanggungjawab terhadap pajak,” harapnya. (k5/b)

Click to comment

The Latest

To Top