Wagub Sulsel Ingin Kampung KB Jadi Sumber Data KKBPK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Wagub Sulsel Ingin Kampung KB Jadi Sumber Data KKBPK

KOLAKAPOS, Makassar–Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang mendukung keberadaan kampung KB, yang telah dicanangkan pada 24 kabupaten/kota di Sulsel. Ia menaruh harapan besar agar kampung KB menjadi sumber data Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta kegiatan lainnya yang menyangkut hasrat penduduk.
”Melalui kampung KB, agenda Nawacita membangun Indonesia dari pinggiran dapat tercapai. Selain itu, program KKBPK dapat terlaksana dengan merata di semua tingkatan. Diharapkan, manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” kata Wagub sebelum membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program KKBPK tahun 2017 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Point, Kamis (2/3).
Dikatakan Agus, salah satu faktor penting dalam pembangunan daerah harus dimulai pembangunan di bidang kependudukan. Hal itu merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia agar menjadi kekuatan yang efektif dan produktif bagi pembangunan.
Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Agus AN, harus meningkatkan keterpaduan dan koordinasi pengendalian kelahiran dengan berbagai mitra kerja dan sektor pembangunan. Seperti bidang kesehatan, transmigrasi, pengendalian urbanisasi, pendidikan, pembangunan daerah dan penciptaan lapangan kerja.
Agus AN mengingatkan bahwa kemitraan merupakan kunci sukses dalam keberhasilan program keluarga berencana yang akan diterapkan sebagai landasan kinerja organisasi untuk menjalin unsur kemitraan didalamnya.
Namun, menurut mantan Ketua DPRD Sulsel itu, program KKBPK saat ini masih berada pada pusaran masalah jumlah penduduk yang besar dan kualitas yang masih rendah. Sehingga kecenderungannya penduduk akan menjadi beban pembangunan.
Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN pusat, Ambar Rahayu, meminta pemerintah daerah agar dapat mensukseskan program keluarga berencana melalui salah satunya, yakni kampung KB.
Menurut dia, dengan adanya kampung KB akan memberikan kesempatan kepada penduduk untuk mendapatkan pelayanan program KB secara langsung.
Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Rini Riatika Djohari mengatakan, berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, maka pada tahun 2017 akan dilanjutkan pencanangan kampung KB pada setiap kecamatan di Sulsel.
”Kami berharap ini tidak hanya sebatas pencanangan. Akan tetapi terus dilakukan pembinaan oleh lintas sektor di kabupaten/kota. Besar harapan kami ini menjadi kegiatan strategis dan mendapatkan dukungan anggaran melalui APBD dalam penyelenggaraannya,” kata Rini. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top