Tomat dan Bawang Naik Rp5 ribu per Kilogram – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tomat dan Bawang Naik Rp5 ribu per Kilogram

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Pekan ini sejumlah harga kebutuhan dapur di Pasar Niaga Palopo mengalami kenaikan. Khususnya bumbu dapur yang mulai melonjak sejak pekan lalu. Kenaikannya hingga Rp5000 perkilogram.

Berdasarkan pantauan Palopo Pos, Selasa 1 Maret 2017 di PNP harga tomat paling mencolok alami kenaikan. Dimana harga sebelumnya perkilogram hanya Rp5000 saat ini setelah mengalami kenaikan sudah mencapai Rp10.000 per kilogram. Nuryaki, Salah seorang pedagang di pasar sentral, harga tomat saat ini mengalami kenaikan lantaran pasokan dari Enrekang sebagai penyuplai utama berkurang. Apalagi bukan hanya Kota Palopo yang disuplai. “Otomatis permintaan sangat tinggi, berbeda dari hari-hari biasa,” ungkapnya.

Begitupun yang terjadi pada bawang merah dan putih. Dimana kenaikannya per kilogram sebesar Rp5000. Dimana harga sebelumnya bawang merah perkilogram sebesar Rp30 ribu setelah naik mencapai Rp35 ribu.

Sementara itu harga ikan per box untuk ikan jenis balado dari harga Rp550 ribu per Box menjadi Rp650 ribu per Box. Pedagang pengecer sendiri menjualnya dengan harga Rp20 ribu per 27 ekor. Randi Alam salah seorang pedagang mengatakan kenaikan harga ikan ini disebabkan buruknya cuaca hingga membuat sejumlah nelayan memilih beristirahat. Ia harapkan harga ikan ini bisa segera turun. “Masalahnya kalau mahal, tidak ada ki pembeli, masyarakat kan bis amengganti dengan ikan budidaya atau tempe” ujarnya.

Dari sejumlah kebutuhan dapur masyarakat ada juga yang masih dengan harga yang stabil. Seperti cabai rawit yang masih dengan harga Rp80 ribu per kilogram, sejak mengalami kenaikan pada Januari lalu. Sementara minyak goreng dengan harga Rp16 ribu per kilogram sejak tahun lalu.(palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top