Pemkot Kendari Normalisasi Sungai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Pemkot Kendari Normalisasi Sungai

Antisipasi Banjir Susulan

KOLAKAPOS, Kendari–Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, melakukan normalisasi anak sungai atau kali untuk mengantisipasi banjir susulan di kompleks kantor Lurah Anaiwoi Kendari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kendari, Suhardin, di Kendari, Rabu, mengatakan hujan yang terjadi pada Selasa (28/2) mengakibatkan sekitar 146 rumah di Jalan Benteng dan jalan Tanukila Kelurahan Anaiwoi terendam air.

“Ketinggian air saat itu mencapai lutut hingga pinggang orang dewasa. Tetapi itu hanya berlangsung beberapa jam kemudian air surut kembali,” katanya.

Ia mengatakan, dengan terjadinya banjir di empat itu maka pihaknya langsung berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait termasuk pihak TNI, Dinas PU, langsung memutuskan untuk melakukan normalisasi sungai yang melintasi kawasan itu.

“Hari ini langsung diturunkan alat berat dari PU, kemudian personel dari TNI juga turun langsung bersama sama BNPB melakukan normalisasi sungai,” kata Suhardin.

Lurah Anaiwoi, Asman Mekuo, mengaku warganya yang sempat terendam air tersebut masih melakukan bersih bersih rumah dan sebagian bermalam di masjid.

“Kami tidak menginstruksikan untuk kembali ke rumah masing-masing karena jangan sampai masih ada hujan deras dan terjadi banjir. Tetapi bagi mereka yang kembali membersihkan rumahnya dipersilahkan,” katanya.

Ia mengaku, saat terjadi banjir gedung kantor lurah yang dipimpinnya itu juga ikut terendam dengan ketinggian air ukuran pinggang orang dewasa. (p2/hen)

Click to comment

The Latest

To Top