Lagi, Satlantas Polres Muna Musnakan 100 Knalpot Racing – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Lagi, Satlantas Polres Muna Musnakan 100 Knalpot Racing

Pemusnahan 100 unit knalpot racing yang digelar di perempatan tugu jati kota Raha.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Pasca melakukan pemusnahan barang bukti knalpot racing sebanyak 387 unit tahun lalu. Kemarin (2/3), Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Muna kembali melakukan pemusnahan 100 unit knalpot racing. Knalpot racing dengan berbagai merk tersebut, dimusnakan dengan cara dilindas menggunakan kendaraan alat berat, yang berlangsung di simpang empat tugu jati kota Raha itu merupakan hasil operasi Satlantas Polres Muna, yang dimulai sejak September 2016 hingga Januari 2017.

Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta melalui Kasat Lantas AKP Alfin mengatakan, pemusnahan knalpot racing tersebut merupakan tindakan tegas polisi, untuk pengguna kendaraan yang melanggar aturan tertib lalu lintas.
“100 unit knalpot racing berbagai jenis ini hasil giat penindakan selama 2016 sampai 2017. Selanjutnya knalpot ini akan kami kubur (timbun, red),” ujar Alfin.
Menurut Alfin, pemusnahan knalpot racing yang digelar secara terbuka dan disaksikan ratusan masyarakat itu, diharapkan mampu memberikan efek jera bagi pengguna kendaraan yang menggunakan knalpot berbunyi bising itu.
“Kita musnahkan biar masyarakat tahu, bahwa kendaraan knalpot bising ini tidak diperbolehkan. Yang mana sesuai pasal 285, bahwa kendaraan yang tidak sesuai spek, tidak diperbolehkan dan ada denda tilang sebesar Rp250 ribu. Selain itu, ini (knalpot racing, red), selain bising juga mengganggu ketertiban umum,” jelasnya.
Dikesempatan itu juga, pria tegap berpangkat tiga balok di pundak ini memberikan edukasi kepada masyarakat dan para komunitas motor club Raha, tentang pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya.
Di tempat yang sama, Asisten III Pemda Muna Edy Uga, sangat mengapresiasi aksi yang digelar Satlatas tersebut. Menurutnya, sosialisasi kampanye keselamatan berlalulintas harus terus digalakkan, agar tindak kecelakaan di jalan raya dapat diminimalisir. “Pemerintah daerah selalu mendukung setiap kegiatan tertib berlalulintas di Muna. Olehnya itu, tertib berlalu lintas ini mari kita mulai dari diri sendiri,” terangnya.
Untuk diketahui, dalam kegiatan pemusnahan knalpot racing yang disertai dengan sosialisasi kampanye keselamatan berlalulintas, disaksikan langsung Komisaris Polisi Rofikoh Yunianto, Asisten III Pemda Muna Edy Uga, mahasiswa dan pelajar, komunitas motor club Raha, serta tukang ojek. (m1)

Click to comment

The Latest

To Top