Warga Dukung Pembangunan Jaling Barat–Terungkap di Musrenbang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Warga Dukung Pembangunan Jaling Barat–Terungkap di Musrenbang

KOLAKAPOS, Palopo–Meski sempat menuai pro kontra. Pembangunan jalan lingkar barat (jaling) tetap mendapat dukungan. Saat ini, proyek prestisius tersebut sementara dihentikan untuk menunggu selesainya penyusunan Amdal. Menurut Ketua LPMK Kecamatan Bara, Ilyas S.Ag pembangunan jalan lingkar barat adalah merupakan solusi mengantisipasi terjadinya kemacetan di Jalan DR Ratulangi.

“Kami usulkan Pak, proyek ini tetap dilanjutkan karena selain sebagai sarana transportasi. Saya yakin jika selesai jalan itu juga dapat menjadi destinasi wisata untuk menikmati pemandangan Kota Palopo dari ketinggian. Jadi sebaiknya dituntaskan,” sebut Ilyas penuh semangat dalam Musrenbang di Kecamatan Bara pekan lalu.

Sementara itu, Camat Wara Utara, Ardas Najeriah mengatakan, pembangunan jalan lingkar barat yang melintasi Kecamatan Bara, Wara Barat dan Wara Utara tidak ada kendala terkait permasalahan kepemilikan lahan.

“Setelah kami tinjau, masalah tanah aman!,“ ucapnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) di Jalan Lingkar Barat memang belum ada. Hal itu tidak ditampik oleh Kepala Bappeda Kota Palopo, Firmanza. Menurut dia, hal itu disebabkan karena adanya miss comunication.

Namun, setelah dilakukan hearing dan kunjungan langsung di lokasi Jalan lingkar Barat, Senin 20 Februari 2017, masalah Amdal mencuat. Disitu Komisi II DPRD Kota Palopo meminta proses administari Amdal harus ada. Jika belum ada, pembangunan jalan lingkar barat terpaksa dihentikan sementara.

“Kita upayakan proses pembuatan Amdal ini bisa selesai. Kita usahakan dalam waktu dua bulan amdalnya sudah jadi,” tegas Firmanza.

beberapa waktu lalu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH melakukan peninjauan pengerjaan jalan lingkar barat Minggu, 5 Februari 2017 lalu. Orang nomor satu di Kota Palopo ini dengan tak kenal lelah berjalan kaki menyusuri jalan perintisan jalan tersebut.

Dimana jalan baru yang dibangun diatas gunung tersebut melalui medan yang mendaki dan turunan yang curam, terlebih lagi kontur tanah pada sisi jalan yang masih labil.

Pada peninjauan tersebut, Wali Kota didampingi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Farid Kasim Judas, Kadis PU dan Penataan Ruang, Antonius Dengen, Inspektur Inspektorat, H Samil Ilyas, dan Staf Ahli, HM Suyuti Yusuf, dan Kasubag protokol Wahyuddin.

Di sela-sela peninjauan tersebut, Wali Kota meminta kepada pihak terkait agar tetap memperhatikan hal-hal yang mendasar pada pengerjaan proyek tersebut, seperti pembangunan jembatan, aliran dan jalan air serta tanaman/pohon yang bisa mencegah terjadinya longsor nantinya.

“Upayakan secepatnya jalan ini dimanfaatkan masyarakat sebagai jalan alternatif bagi masyarakat yang tidak ingin lewat via kota,” ungkap mantan Legislator Luwu ini.

Sementara itu, Kadis PU dan Penataan Ruang, Antonius Dengen kepada Palopo Pos mengungkapkan, jalan lingkar barat ini masih dalam proses pengerjaan perintisan jalan, yang mana nantinya akan mengurai kemacetan di Kota Palopo.
”Ini adalah ide brilian dari Pak Wali, kami dari SKPD terkait hanya mengimplementasikannya,” ujar Antonius Dengen kemarin.

Mantan Kepala PSDA Luwu ini menyebutkan, pengerjaan jalan lingkar barat sendiri merupakan jalan di pegunungan, dari Kelurahan Lebang Kecamatan Wara Barat, melewati wilayah Kecamatan Wara Utara dan tembus tepat belakang RSUD Sawergading Rampoang, Kecamatan Bara Kota Palopo.
Dimana, sebutnya panjangnya berkisar 6 Km dan lebar 20 meter. Dan anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 berkisar Rp5 Miliar lebih.

”Saat ini prosesnya masih perintisan jalan setelah itu pengerasan jalan,” sebutnya.
Saat ditanya kapan pengerjaan jalan rampung dan bisa dilalui, Antonius menggaransi pertengahan tahun 2017 jalan tersebut sudah bisa dilalui.
”Semoga pertengahan tahun nantinya jalan tersebut sudah bisa dilalui dan akan tembus dengan jalan lingkar timur,” tandasnya. (palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top