Satpol-PP Pantau PKL ‘Bandel’ – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Satpol-PP Pantau PKL ‘Bandel’

Palopo pos/Pedagang

KOLAKAPOS, Palopo–Kendati sudah berkali-kali ditertibkan, masih ada juga Pedagang Kaki Lima (PKL) yang nekat jualan di badan Jl Ahmad Dahlan. Lantaran langkah pendekatan sosialisasi dan penertiban tidak mempan, makanya Satpol PP Palopo melakukan tindakan hukum.

Yang kepergok jualan langsung diambil. Barang-barangnya disita di kantor Satpol-PP. Sedangkan pemiliknya harus berhadapan dengan penyidik Satpol-PP. Setelah berkas rampung, PKL yang terjaring razia menjalani proses persidangan di kantor Pengadilan Negeri (PN) Palopo.

Selama ini, menurut Kasi Penyidikan Satpol-PP Kota Palopo, Alim Kamal SIp, PKL yang sudah disidang sebanyak sembilan orang. Rata-rata mereka berjualan buah di Jalan Ahmad Dahlan. Hakim tunggal yang menangani kasus ini, menjatuhkan denda Rp250 Ribu kepada terdakwa. Namun, ada catatan. Jika mengulang kembali, hukumannya bisa naik status. Mulai dari jumlah denda bertambah hingga hukuman badan paling lama 10 hari.

Dikarenakan jumlah personil Satpol PP yang minim, ditambah dengan padatnya kegiatan. Maka penertiban PKL tidak tiap hari dilakukan. Untuk mengawasi PKL ‘bandel’, Satpol-PP telah menurunkan tim patroli.

“Kalau penertiban sudah tidak dilakukan, tetapi pemantauan dan patroli tetap dijalankan di jalan itu. Jika ditemukan langsung diamankan barang dagangannya. Sedangkan pemiliknya dibawa ke kantor Satpol-PP untuk diproses hukum,” tegas Alim Kamal kepada Palopo Pos, Jumat 24 Februari 2017.

Untuk saat ini, fokus pengawasan dilakukan di Jl Ahmad Dahlan. Pasalnya, arus lalu lintas di jalan itu terkesan semrawut. Selain parkir yang padat, keberadaan PKL juga cukup mengganggu karena menggunakan badan jalan. Ada yang menggunakan lori-lori, dan banyak juga yang menggunakan mobil bak terbuka. Rata-rata penjual buah, ayam dan telur.(palopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top