Pemkot Gelontorkan Dana Rp2,1 Miliar–Gratiskan Rastra 6.788 RTS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemkot Gelontorkan Dana Rp2,1 Miliar–Gratiskan Rastra 6.788 RTS

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menggratiskan beras miskin (raskin) yang kini disebut beras keluarga sejahtera (Rastra), sebanyak 6.788 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menggelontorkan dana sebanyak Rp2,1 Miliar pada APBD 2017 ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda Kota Palopo, Firmanza saat Musrenbang di Kecamatan Mungkajang pekan lalu. Menurutnya, setelah melalui beberapa tahap perubahan anggaran, Pemkot Palopo memprogramkan beras Rastra bagi masyarakat kurang mampu di Kota Palopo, yang sebelumnya harus ditebus dengan harga Rp1.600 per kilo kini digratiskan.

Dengan program ini, warga akan terbantu dan mampu menekan pengeluaran warga yang berada pada taraf ekonomi lemah.
Firmanza di hadapan para lurah menekankan tidak BOLEH ada pungutan sedikit pun dalam program Rastra tersebut.

“Kalau ada mohon dilaporkan, karena itu masuk kategori pungli,“ tegas Firmanza.
Sementara itu Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH memerintahkan kepada seluruh camat dan lurah agar melakukan pendataan kembali terhadap warganya yang belum menerima Rastra, padahal mereka berhak menerimanya.

Pasalnya, ungkap orang nomor satu di Kota Palopo ini, masih banyak warga Kota Palopo yang kurang mampu tapi tidak menerima jatah rastra setiap triwulannya.
”Saya perintahkan agar warga yang betul-betul tidak mampu yang belum menerima rastra untuk didata,” tegasnya.

Hal ini membuktikan Wali Kota memberikan perhatian besar terhadap warganya yang kurang mampu. Salah satu bentuk perhatiannya adalah dengan memberikan bantuan secara gratis, seperti bantuan beras rastra.

Wali Kota mengaku, pihaknya akan merancang bantuan rastra dari pemerintah pusat tersebut akan disubsidi pemkot, sehingga masyarakat tidak lagi harus membeli rastra, tapi bantuan rastra tersebut akan dibagikan gratis ke para penerima.

“Saya gratiskan rastra mulai Januari 2017,” tegas Wali Kota.
Orang nomor satu di Kota Palopo ini menyebutkan, pembagian raskin gratis tersebut diharapkan warganya agar lebih peduli lagi dengan kebersihan lingkungannya.

“Saya harap juga, agar tidak ada lagi yang kotor lingkungan rumah, utamanya drainase. Ini semua demi kebaikan bersama,” ujarnya.
Ia juga menyebutkan, kalau ada raskin yang rusak, agar dikembalikan ke kelurahan. Sehingga bisa diganti rastra yang layak. “Kalau menemukan Rastra yang rusak, seperti hitam atau berkutu, kembalikan ke kelurahan. Nanti akan diganti, sesuai dengan prosedur yang ada,” tegasnya.

Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel ini juga meminta kepada ketua RT, jika ada warganya yang dinilainya layak menerima raskin tapi belum terima, maka segera melaporkan. Sehingga bisa diusulkan namanya untuk mendapat raskin.
“Yang belum dapat raskin, tapi layak menerima, tolong didata lalu diusulkan. Supaya mereka terbantu,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima raskin Kota Palopo sebanyak 6.788 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Alokasi alokasi raskin Kota Palopo sebanyak 15 Kg per Rumah Tangga Sasaran (RTS) per bulan selama 12 bulan atau 101.820 kg per RTS per tahun dengan jumlah beras 1.221.840 Kg. Sedangkan untuk harga tebus raskin di titik distribusi sebesar Rp1.600 per Kg.(palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top