Seribu Bantuan Perumahan Hadir di Matra – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Seribu Bantuan Perumahan Hadir di Matra

KOLAKAPOS, Mamuju Utara–Sebanyak 1.000 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) akan mendapatkan bantuan perumahan. Bantuan tersebut berasal dari Deputi Perumahan Swadaya Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Indonesia melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta bantuan luar negeri. Hal itu terungkap dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Bulu Taba, untuk tahun anggaran 2018.

Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Matra, Kamaruddin menjelaskan, program BSPS dari Kemenpera akan kembali turun ke Kabupaten Matra. Program BSPS atau yang dikenal dengan program bedah rumah akan menyasar tiga kecamatan yakni, kecamatan Sarjo, Baras dan Dapurang. “Untuk Kecamatan Sarjo, akan menyasar Desa Sarjo, Sarude, Maponu dan Letawa. Di Kecamatan Baras akan menyasar Kelurahan Baras, Desa Buluparigi dan Kasano. Sedangkan Kecamatan Dapurang akan menyasar Desa Dapurang dan Sarasa,”ungkapnya. Kamaruddin mengakui, untuk program BSPS total unit rumah yang bakal dibedah sebanyak 400 unit dimana jumlah ditiga kecamatan itu akan bervariasi sesuai dengan hasil verifikasi dari satuan kerja (Satker) Provinsi.
Olehnya itu, kata Kamaruddin, bagi para Lurah dan Kepala Desa yang mendapatkan program agar mengutamakan MBR dengan pendapatan maksimal Rp2,4 juta perbulan. “Kalau masyarakat yang berpenghasilan diatas Rp3 juta, itu jangan lagi di data untuk mendapatkan bantuan perumahan,”tegasnya, Kamis 23 Februari, kemarin. Program BSPS yang akan mulai direalisasi di bulan Maret, akan dijalankan dengan sistem swadaya atau gotong royong. Sebagaimana dalam anggaran bedah rumah, dimana per unitnya bervariasi berdasarkan hasil survei. “Ada empat kategori anggaran, dimana kategori ringan sebanyak Rp7,5 juta, kategori sedang Rp10 juta, kategori berat Rp15 juta dan kategori bangun baru Rp30 juta,”timpalnya. Ditambahkannya, selain 400 unit bantuan perumahan melalui program BSPS. Pemerintah Kabupaten Matra juga rencananya akan mendapat bantuan perumahan, melalui dana bantuan luar negeri sebanyak 600 unit. Namun, syaratnya pemerintah mesti menyediakan dana sebesar 3 persen dari total jumlah anggaran yang akan diberikan.
Anggota DPRD Matra, Suardin menanggapi bantuan program tersebut, sangat berharap agar pelaksanaannya dapat tepat sasaran. Meski demikian, program yang akan dikerjakan di tahun 2017 ini adalah program prioritas yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. “Ini kebutuhan mendasar rakyat, semoga semua program yang beberapa tahun sebelumnya tidak direalisasikan akan terlaksana tahun berikutnya. Sehingga tidak mencari program baru, sebelum selesai program sebelumnya yang sudah diusulkan oleh rakyat dan yang menjadi kebutuhan mendasar,”ungkapnya. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Perekonomian, Drs Musbar MSi, Kadis Kominfo, Dasteri SPd MPd, Sekretaris Bappeda, Arhamuddin SE, Direktur RSUD Matra, drg Munawir Usman, Camat Bulu Taba, Nicolas Pahik dan sejumlah perwakilan SKPD dilingkup Pemkab Matra.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top