Dorong Pengusaha Angkutan Barang Beralih ke Kapal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Dorong Pengusaha Angkutan Barang Beralih ke Kapal

Truk. Ilustrasi. Foto dok JPG/JPNN.com

KOLAKAPOS, Jakarta–Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mendorong pengusaha angkutan barang untuk beralih dari jalan raya ke kapal.

Hal ini menurut hemat Budi lebih ekonomis mengangkut truk dengan kapal. Sebab bisa mengurangi kerusakan jalan akibat beban angkutan barang yang seringkali melebih kapasitas jalan.

“Menggunakan kapal lebih ekonomis dibanding menggunakan jalan. Karena apa? Satu, karena sparepart, kedua karena (ongkos) tol, ketiga karena solar (bahan bakar mesin) lebih irit, dan keempat terhindar dari pungutan liar di jalan. Jadi totalitas meskipun dia bayar 1,2 juta itu tetap lebih murah,” kata Menhub Budi di Pelabuhan Tanjung Priok.

Saat ini sudah ada tiga kapal yang melayani lintasan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang.

“Sekarang sudah ada 3 kapal minimal sehari, artinya paling tidak ada 500 truk yang diangkut Jakarta-Panjang dan Panjang-Jakarta,” ucapnya.

Ke depan Budi berencana akan membuat konsep serupa di kota-kota lain.

“Kami sudah buat juga yang dari Surabaya ke Lembar, sekarang tinggal pikirkan bagaimana Panjang-Jakarta-Semarang-Surabaya-Padangbai-Lembar itu menjadi satu anchor,” papar mantan dirut AP II ini.(chi/jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top