Tiga Kabupaten Sultra Sasaran Program Nusantara Sehat – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

KOTA KENDARI

Tiga Kabupaten Sultra Sasaran Program Nusantara Sehat

KOLAKAPOS, Kendari–Tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara menjadi sasaran program Nusantara Sehat untuk meningkatkan mutu dan akses pelayanan pusat kesehatan masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra dr Asrum Tombili, di Kendari, mengatakan tiga daerah itu adalah Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Buton Selatan.

“Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan,” kata Asrum Tombili.

Ia mengatakan salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim.

“Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut,” katanya.

Pemerintah melalui program Nusantara Sehat, kata Asrum, melakukan upaya kesehatan dengan penugasan khusus tenaga kesehatan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan serta daerah bermasalah kesehatan (DBK).

“Kabupaten Konawe tepatnya di Daerah Latoma, kemudian Muna dan Buton Selatan adalah daerah terluar dan kelulauan,” katanya.

Tim Nusantara sehat katanya, akan memberikan pelayanan kesehatan primer di titik-titik terdepan Indonesia yakni di DTPK.

“Program ini merupakan aplikasi dari program Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun dari pinggiran dan dalam aplikasinya melibatkan peran serta dari masyarakat,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

The Latest

To Top