Waspadai Penyalahgunaan ADD dan DD – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Waspadai Penyalahgunaan ADD dan DD

KOLAKAPOS, Andoolo–Tingginya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Konsel tahun ini, membuat Badan Inspektorat Konsel bakal melakukan pengawasan ekstra ketat.

Kepala Inspektorat Konsel Mujahidin menjelaskan, tahun ini pemerintah desa akan mengelola sendiri anggaran ratusan juta hingga miliar rupiah dari ADD yang bersumber dari APBD dan DD dari APBN.

“Sebagai badan pengawasan, kami dari pihak Inspektorat bakal memberikan pengawasan ketat, agar pengelolaannya tidak salah sehingga berbuntut pada proses hukum. Untuk mengantisipasi hal tersebut, agar tepat sasaran seluruh Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya, akan diberikan pembinaan jika ditemukan ada kesalahan dalam pengelolaan ADD dan DD,” jelasnya.

Mantan Kadis Pertambangan Konsel ini mengatakan, fungsi kontrol bukan hanya pihak Inspektorat saja, melainkan masyarakat, LSM, Kepolisian dan juga Kejaksaan juga ikut berperan didalamnya.

“Saat ini, kami sementara melakukan kajian atas panduan pengelolaan anggaran yang dikelola kurang lebih 336 desa di Konsel. Sebelum masuk dalam rana hukum, kami akan memberikan pengawasan dan pembinaan, jika ada anggaran yang salah dalam penggunaannya,” terangnya.

Mujahidin menambahkan, masyarakat diminta untuk mendukung dan berpartisipasi dalam melakukan pengawasan bersama atas anggaran yang dikelola oleh desa, agar tidak ada lagi desa yang bermasalah akibat dana tersebut. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top