Partisipasi Pemilih di Mamasa Hanya 63 Persen – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Partisipasi Pemilih di Mamasa Hanya 63 Persen

BKM/DARMAN ARDI RAPAT PLENO -- KETUA KPU MAMASA, SURYANI DELLUMAYA DIDAMPINGI PARA KOMISIONER KPU MAMASA DAN TIGA ORANG SAKSI DARI PASLON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULBAR, YAKNI PASLON NOMOR URUT 1, YOHANIS BUNTULANGI (ANGGOTA DPRD MAMASA PARTAI DEMOKRAT), PASLON NOMOR URUT 2, JUFRI SAMBO MADIKA (ANGGOTA DPRD MAMASA PARTAI GOLKAR), DAN PASLON NOMOR URUT 3, ELY SAMBOMINANGA (ANGGOTA DPRD MAMASA)NASDEM), SAAT MEMIMPIN RAPAT PLENO TERBUKA.

KOLAKAPOS, Mamasa–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa menggelar Rapat Pleno Terbuka (RPT) dan pengumuman hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat tingkat Kabupaten Mamasa. RPT ini digelar di aula mini kantor KPU Mamasa.
Rapat ini dihadiri sejumlah forum pimpinan daerah, Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Mamasa. Penghitungan ini juga disaksikan ketiga saksi dari masing-masing pasangan calon.
Dalam sambutanya, Ketua KPU Kabupaten Mamasa, Suryani T Dellumaja, menyebutkan, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat telah digelar. Di Kabupaten Mamasa, partisipasi pemilih terbilang sangat rendah dibandingkan semua kabupaten yang ada di Sulbar pada Pilgub 2017.
Sehingga hal ini menurut Suryani, menjadi PR bersama. ”Karena kami dari KPU bersama jajaran telah bekerja semaksimal mungkin. Namun kesadaran masyarakat masih sangat rendah. Sehingga persentasenya hanya sekitar 63 persen partisipasi masyarakat,” ungkapnya.
Ia berharap agar seluruh stakeholder berperan aktif dalam memberikan partisipasi untuk pemilihan selanjutnya. Berdasarkan hasil rekapitulas KPU Kabupaten Mamasa, jumlah pemilih sebanyak 119.778 orang. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya hanya 76.268 orang ditambah 56 penyandang disabilitas dari 100 orang yang terdaftar.
Untuk surat suara, tambahnya, jumlah yang diterima termasuk cadangan sebanyak 120.733 lembar. Surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau keliru coblos sebanyak 73 lembar, surat suara tidak terpakai sebanyak 44.428 lembar, dan jumlah surat suara yang digunakan sebanyak 76.268 lembar. Surat suara yang sah sebanyak 75.487 dan surat suara tidak sah sebanyak 781 lembar
Sehingga dari hasil penghitungan surat suara yang sah, pasangan calon nomor urut 1, Suhardi Duka-Kalma Katta 43.951 suara, pasangan calon nomor urut 2, Salim S Mengga-Hasanuddin Mas’ud 8.767 suara, dan pasangan calon nomor urut 3, Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny 22.769 suara.
”Dari penghitungan ini, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulbar untuk Kabupaten Mamasa dimenangkan pasangan calon nomor urut 1, disusul nomor urut 3 dan nomor urut 2,” ujar Suryani. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top