Kolaka Defisit Listrik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kolaka Defisit Listrik

KOLAKAPOS, Kolaka–Sudah sekitar sebulan Kolaka mengakrabi pemadaman listrik. Hal itu kemungkinan besar masih akan terus berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penyebabnya, saat ini Kolaka defisit daya listrik hingga 3 Mega Watt.

Kepala PLTD Kolaka, Purba Kusuma mengatakan kekurangan daya tersebut terjadi karena dilakukan perawatan pada satu unit mesin pembangkit PLN. Tapi, meskipun mesin tersebut nantinya normal kembali, PLN masih tetap kekurangan daya karena kapasitas mesin tersebut hanya 1,5 MW. Artinya, dalam kondisi normal Kolaka kekurangan daya listrik 1,5 MW. “Satu mesin kami sedang dalam pemeliharaan rutin dan itu baru bisa dapat digunakan kembali pada minggu pertama bulan Maret,” ungkapnya.

Karenanya ia menjelaskan pemadaman bergilir masih akan terus dilakukan karena Kolaka mengalami krisis listrik. “Sekarang kami kekurangan 3 MW, jadi meskipun mesin kami nantinya sudah kembali beroperasi, kami masih kekurangan 1,5 MW dan pemadaman bergilir masih berlanjut, tapi tidak separah sebelumnya, “ujarnya.

Krisis daya itu sebenarnya patut dipertanyakan, sebab beberapa waktu lalu, terjalin kesepakatan pengalihan listrik dari PT.Antam ke PLN Kolaka. Saat ditanya, Purba membenarkan hal tersebut. Hanya saja jelasnya, pengalihan tersebut belum terlaksana optimal sampai saat ini karena terdapat kendala dalam aplikasinya. “Ada beberapa material yang dibutuhkan untuk pengelolaan daya listriknya dan beberapa material itu belum ada di Kolaka. Sehingga kami tidak bisa memastikan kapan pemadaman ini akan berakhir. Kami juga memohon maaf pada masyarakat atas kejadian ini,” tandasnya. (hud/b)

Click to comment

The Latest

To Top