Awas, Pemilih Siluman di Pilkara – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Awas, Pemilih Siluman di Pilkara

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–BKM–Panitia Pemilihan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (Pilkara) memastikan pelaksanaan pemilihan dapat dilaksanakan Minggu, 26 Februari, lusa. Panitia juga telah mengantisipasi hadirnya pemilih siluman atau orang yang tidak punya hak pilih tetapi memilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk mengantisipasi potensi adanya pemilih siluman, panitia memeriksa secara cermat kartu keluarga yang dicocokkan dengan kartu tanda penduduk dan mencelupkan tinta di jari pemilih.
“Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Makassar telah menginstruksikan seluruh panitia pemilihan baik tingkat RW maupun RT untuk memeriksa bukti foto copy (FC) kartu keluarga (KK) yang dibawa masing-masing pemilih di TPS,” tegas Kepala Sub Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Syafran kepada BKM, Kamis (23/2).
Syafran menambahkan, ketelitian panitia pemilih menjadi kunci kuat tidak terjadinya kecurangan pada saat pelaksanaan Pilkara. “Nanti setiap kepala keluarga yang tidak hadir mengikuti pemilihan karena berhalangan dapatdiwakili. Hanya saja, yang diperbolehkan mewakili hanya keluarganya yang masuk namanya dalam kartu keluarga, dan saat pelaksanaan harus membawa FC KK dan FC KTP-nya untuk didata,” jelas Syafran.
Terkait kebutuhan di TPS, Syafran menjelaskan, pihaknya telah mendistribusikan ke masing-masing kecamatan yang kemudian dibagikan ke masing-masing kelurahan. Adapun kebutuhan yang didistribusikan seperti surat suara, kotak suara dan bilik suara. “Sejak proses pelaksanaan Pilkara, kita sudah instruksikan masing-masing wilayah untuk membentuk TPS. Saya pastikan mereka sudah membangun TPS. Mengenai surat suara, ukurannya tidak terlalu besarji, dan dalam surat suara itu terpasang foto dan nama calon ketua RT dan RW. Jadi pemilih dapat cepat paham mengikuti pemilihan dengan cara mencoblos,” katanya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top