KNPI Akan Bicarakan Permasalahan Tambang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

KNPI Akan Bicarakan Permasalahan Tambang

Wakil ketua bidang pertambangan energi dan lingkungan hidup KNPI Sultra La Ode Suryono di dampingi ketua panitia pelaksana Lokakarya Hakpri.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Maraknya kasus pertambangan di Sultra, membuat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra turut prihatin. Karenanya, KNPI akan membuat lokakarya pertambangan dengan tema pengelolaan dan pemanfaatan pertambangan berkarakter kerakyatan dan bersertifilogi.

Hal tersebut disampaikan Wakil ketua bidang pertambangan energi dan lingkungan hidup KNPI Sultra La Ode Suryono. “Akibat tumpang tindih IUP pengelolaan hutan itu sudah banyak memakan korban baik Gubernur maupun Bupati dan saya yakin tidak ada satupun gubernur dan bupati yang ingin bermasalah soal tambang, ini dikarenakan dari dorongan bawahan yang sudah membenarkan, olehnya itu kami akan megadakan lokakarya” katanya.

Dikatakan nantinya lokakarya tersebut akan dihadiri oleh pemateri-pemateri pusat yakni dari KPK, Menteri ESDM, Menteri Lingkungan Hidup, Komisi 7 DPR RI Direktur Utama Antam, pakar pertambangan, Kadis pertambangan, Kadis kehutanan Badan Lingkungan Hidup Sultra.

“Adapun sub tema yang akan kami angkat nanti itu yang pertama AMDAL kemudian tumpang tindih Yup di pertambangan Sultra yang kemudian pengelolaan hutan yang keempat jaminan reklamasi yang kelima adalah biaya pengurusan AMDAL yang kemahalan kemudian konservasi hutan kemudian dana CSR untuk masyarakat yang terakhir adalah semua itu menyangkut pencegahan korupsi. aktivitas pertambangan itu harus sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku sesuai dengan nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba,” terangnya.

Dijelaskan nantinya dalam Lokakarya yang menjadi peserta adalah KNPI Kabupaten/Kota, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kota, Kapolres, LSM di bidang lingkungan hidup dan DKPP KNPI.

“Diharapkan dengan lokakarya tersebut resiko-resiko permasalahan pertambangan bisa berkurang dan juga Kita ingin dengan banyaknya pertambangan di Sultra, masyarakat bisa Sejahtera hutan tidak dirusak ada hal-hal yang penting yang harus kita pertimbangkan sehingga dengan makin banyak ya pertambangan kemakmuran rakyat itu semakin tinggi,” tandasnya. (k1/c)

Click to comment

The Latest

To Top