Praktik Curang Kecil, Peringkat UN Diprediksi Turun – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Praktik Curang Kecil, Peringkat UN Diprediksi Turun

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Irman Yasin Limpo memprediksi peringkat Sulsel dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK tahun ajaran ini akan menurun.

Perkiraan itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, tahun ini jumlah peserta UN berbasis komputer (UNBK) bertambah.
Untuk SMA, sekitar 50 persen dari sekolah yang ada akan menyelenggarakan UNBK. Sementara untuk SMK, seluruhnya sudah melaksanakan.
Mantan Kepala Badan Diklat Sulsel itu menjelaskan, peluang siswa untuk berbuat curang dengan jalan menyontek sangat kecil dalam pelaksanaan UNBK. Sebab setiap siswa akan menghadapi materi soal yang berbeda.
Namun lelaki yang akrab disapa None itu tidak berkecil hati dengan perkiraan yang akan terjadi. Alasannya, walaupun peringkat Sulsel bakal menurun, tingkat integritas, khususnya terkait kejujuran siswa akan meningkat.
“Tingkat kecurangan makin rendah karena contek mencontek akan semakin turun. Artinya, integritas pelaksanaan UN akan meningkat,” ungkapnya.
Sejauh ini, persiapan untuk pelaksanaan UN yang akan digelar April mendatang terus berproses.Disdik dan sekolah yang akan menyelenggarakan UN terus mempersiapkan sarana maupun prasarana. Khususnya yang akan melaksanakan UNBK.
“Persiapan sarana maupun prasarana sudah sekitar 99 persen,” ungkapnya.
Sementara di tingkat siswa, melalui koordinasi unit pelaksana teknis dinas (UPTD), semakin intens dilaksanakan tryout.
“Khusus SMA, sudah lima kali tryout dan dua kali simulasi. Dan itu akan terus diintensifkan,” kata None.
Kemarin, None melakukan road show kunjungan ke sekolah-sekolah di Sulsel. Kali ini, dia berkunjung ke SMAN 1 dan 2 Sungguminasa.
None langsung masuk ke ruang-ruang kelas memantau proses belajar mengajar dan memeriksa kelengkapan fasilitas kelas. Ia juga berinteraksi beberapa saat dengan para siswa dan guru-guru kelas yang ditemuinya.
Di kelas tempat pelaksanaan simulasi UNBK, secara detail ia memeriksa kelengkapan dan kerapian perangkat teknologi dalam ruang kelas. Ia juga sempat berkunjung ke kantin sekolah dan UKS SMAN 1. Secara umum None merasa puas dengan fasilitas dan kesiapan sekolah ini untuk menyelenggarakan ujian nasional. (parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top