Kakao Polman Tembus Pasaran Jepang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Kakao Polman Tembus Pasaran Jepang

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Polman–Sebanyak 17 mahasiswa dari Ritsumeikan University Jepang berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar, Selasa, 21/02. Kedatangan mereka dalam rangka study tour, wisata dan belajar tentang kakao dan coklat selama empat hari di daerah Tipalayo. College of policy sciene Profesor Susilowati Yamano yang mendampingi rombongan, mengungkap, kedatangan para mahasiswa dari negeri sakura itu, untuk belajar inovasi tentang coklat yang diperkenalkan oleh Kei Yosinosan. Kei Yosinosan sendiri kata dia adalah seorang warga Jepang yang telah membangun bisnis coklat kakao di Polman. Kei ingin membantu pemasaran kakao Polman di Jepang. “Mereka (mahasiswa) akan belajar inovasi tentang coklat disini. Bagaimana biji kakao itu dapat diolah menjadi coklat yang berkualitas agar dapat menembus pasaran Jepang”, ujar Susilowati.

Susilowati yang juga dosen bahasa Indonesia di Ritsumeikan University, mengungkap kalau selama ini, Jepang banyak mengimpor coklat dari negara lain, namun karena Kei Yosinosan memperkenalkan kakao Polman, hingga kemudian Polman menjadi pemasok kakao ke Jepang. “Kei Yosinosan ini sukses disini, kemudian para mahasiswa mendengar informasi itu hingga mereka tertarik kesini”, katanya

Sementara Profesor Yoshihiko Nakatani selaku corporate research collaboration strategy division yang turut bersama rombongan mengaku kaget dan kagum akan penyambutan masyarakat Polewali. “Saya merasa sangat senang dan kagum, kalau seandainya ada mahasiswa sini yang mau ke Jepang, kami juga akan menyambut dengan senang hati”, tandasnya. (parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top