Tim Saber Siap Berantas Pelaku Pungli – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tim Saber Siap Berantas Pelaku Pungli

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makale–Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) telah dilantik dan dikukuhkan didua kabupaten bertetangga. Di Tana Toraja dilantik Bupati Nicodemus Biringkanae di gedung Tammuan Mali Makale.

Tim Saber Pungli melibatkan personil Kepolisian, Kejaksaan, Satpol PP dan aparat Pemda dan stakeholder lainnya, disambut baik masyarakat Sangtorayan. Sebab banyak dugaan penyalahgunaan anggaran yang tidak tepat sasaran perlu ditertibkan.

Hadirnya Saber Pungli memberantas tindak pidana korupsi dan perbuatan hukum lainnya, tentunya semua personil masuk Tim diharap kerja optimal dan maksimal baik melakukan pencegahan maupun penindakan.

Amri Kurniawan Kasi Intel Kejaksaan juga sala satu personil Saber Pungli mengatakan, begitu banyak laporan diterima dugaan penyalahgunaan wewenang dan anggaran termasuk gratifikasi. Jika laporan tersebut dapat dibuktikan terjadi tindakan kejahatan dan mufakat itikad tidak baik atau secara bersama-sama melakukan pungli tim Saber tidak pandangbulu seret siapapun terlibat.

Amri Kurniawan menjelaskan, ada dua fenomena terkuak kepermukaan di Tana Toraja yakni dugaan grtifikasi rekanan yang dapat proyek ditengarai menyetor ke oknum tertentu, demikian pula pejabat menyetor untuk dapatkan jabatan.

“Jika laporan tersebut benar adanya dan dapat dibuktikan, saya ingatkan jangan coba-coba main api Saber Pungli akan sikat tanpa kenal siapa dia,”tegas Amri.

Meski begitu, lanjut Amri Kurniawan, persoalan penyalahgunaan anggaran baik APBD maupun APBN sungguh keterlaluan kalau hal itu terjadi baik di Tana Toraja maupun Torut. Sebab selama menyusun APBD maupun APBD Perubahan tim Kejaksaan sudah melakukan adpokasi dan pendampingan hindari proyeksi anggaran tidak sesuai aturan.

“Karena itu, baik bendahara maupun pejabat dan PPTK hati-hati menjalankan tugas karena rawan dan potensi dengan godaan anggaran tidak jelas peruntukannya,”tutup Kurniawan. (palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top