Makassar Optimis Raih Adipura Paripurna – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Makassar Optimis Raih Adipura Paripurna

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah Kota Makassar optimis dapat kembali meraih penghargaan piala Adipura Paripurna 2017, yang akan diserahkan bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada Juni mendatang.

Berbagai persiapan telah dilakukan khususnya pada sektor penataan dan kebersihan tempat pembuangan akhir (TPA) Tamanggapa, pasar tradisional, terminal, sekolah, puskesmas maupun rumah sakit.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Gani Sirman mengatakan, sejauh ini, Kota Makassar telah memasuki penilaian tahap dua (P2) yang dilakukan tim penilai dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Mereka bertugas mengontrol serta memberikan penilaian di 150 titik yang ada di 15 Kecamatan di Kota Makassar.
DLH Makassar sendiri, jelas Gani Sirman, bertugas melakukan koordinasi ke kecamatan terkait titik titik mana saja yang menjadi penilaian. Sehingga informasi yang diberikan DLH ke pihak kecamatan dapat diperhatikan.
“Kita optimis Kota Makassar dapat kembali meraih piala Adipura Paripurna 2017. P1 sudah selesai, dan saat ini masih dalam tahap P2. Kita juga selalu berkoordinasi kepihak kecamatan titik-titik yang menjadi penilaian seperti kategori sekolah, TPA, puskesmas, rumah sakit, drainase, pasar ataupun terminal,” jelasnya.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga mengaku optimis Makassar bisa meraih penghargaan piala Adipura Paripurna 2017 ini. Hal tersebut didasari wajah kota daeng telah memperlihatkan kondisi lingkungan yang baik dan tertata. Apalagi, Makassar memperoleh nilai terbaik pada penilaian pertama (P1) yang dilakukan tim penilai dari pusat.
Meski demikian, Danny sapaan akrab wali kota tetap meminta pergerakan maksimal dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam menata kebersihan di Kota Makassar. Terkhusus penataan rumah toko yang masih banyak yang amburadul dan berpotensi mengurangi penilaian.
“Kita optimis Adipura Paripurna 2017 kita raih. Namun saya minta kepada pihak terkait untuk lebih aktif lagi menjaga kebersihan dan penataan lingkungan di wilayahnya. Ruko-ruko seperti di Jalan Boulevard kondisinya masih memprihatinkan. Masih banyak pedagang yang berjualan tanpa memperhatikan kebersihan dan itu sangat berpotensi mengurangi nilai Makassar kembali meraih adipura. Ini menjadi PR kita bersama khususnya pihak kecamatan,” tegasnya. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top