Tahun Ini Empat Sekolah di Konsel Terapkan UNBK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Tahun Ini Empat Sekolah di Konsel Terapkan UNBK

KOLAKAPOS, Andoolo–Tahun ini empat sekolah di Konawe Selatan (Konsel), rencananya akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut diungkapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Konsel.

Plt Kadis PK Konsel, Busnawir menjelaskan, pihaknya telah menganggarkan untuk dua sekolah, namun hasil evaluasi dari Dinas PK provinsi ada empat sekolah yang memenuhi syarat, yaitu SMPN 3 Tinanggea, SMPN 6 Palangga, SDN 2 Laeya serta SDN 12 Konda.
“Saat ini kami intens koordinasi dengan pihak provinsi, untuk dua sekolah terkait dengan persiapan komputer, server, serta gensetnya. Utamanya kekuatan signalnya serta antisipasi pada saat lampu padam,” jelasnya.
Sedangkan untuk dua sekolah lagi, lanjut dia, pihaknya akan meminjam komputer di sekolah-sekolah terdekat atau bisa juga siswa yang kesana melaksakan ujian pada sekolah-sekolah yang memiliki komputer. Hal tersebut dibolehkan, sesuai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.
“Komputer pengadaan nanti berjumlah 50 unit dan akan dibagi di dua sekolah, untuk saat ini komputer yang tersedia baru sekitar 50 persen,” ungkapnya.
Mantan Dosen di Universitas Halu Oleo ini menambahkan, penentuan sekolah UNBK adalah hasil verifikasi dari tim ahli Januari lalu, dengan melihat program dan fasilitas sekolah seperti apa, misalnya komputernya merek apa, karena komputer yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.
“Tahun ini ujian akan dilaksanakan serentak di bulan Mei, dimana SD cuman melaksanakan ujian sekolah saja sedangkan SMP ada 3 metode yang diujiankan, yakni UN soalnya dibuat oleh pusat dengan tidak memakai komputer, kemudian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta Ujian Sekolah Berbasis Internasional,” terangnya.
Metode tersebut menurutnya, semua sekolah melaksanakannya serta pembuatan soalnya dibuat oleh sekolah masing-masing, namun petunjuk standar pembuatan soal merujuk pada pusat. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top