Pasar Sentral Siap Beroperasi Awal Ramadan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pasar Sentral Siap Beroperasi Awal Ramadan

KOLAKAPOS, Makassar–Pasar Sentral yang merupakan pasar terbesar di Kota Makassar dipastikan beroperasi awal ramadan atau Mei mendatang.

Hal ini diketahui setelah pengembang Pasar Sentral atau lazim disebut Makassar Mal dari PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) bersama pedagang telah menyepakati harga kios dan lods, termasuk bangunan Makassar Mal yang sudah siap ditempati.
Bahkan, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto turun langsung melakukan pengecekan kondisi fisik bangunan Makassar Mall bersama steakholder yang terdiri dari Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, PD Pasar Makassar Raya dan MTIR.
Menurut Danny sapaan akrab wali kota, kunjungan yang dilakukan sebagai tindaklanjut dari surat yang diajukan PT MTIR ke Pemerintah Kota Makassar untuk turun melakukan uji kelaikan gedung Makassar Mall sebelum dioperasikan.
Hanya saja, dalam pengecekan tersebut, pemerintah kota masih belum puas dan memberikan jangka waktu hingga 1 Maret untuk mempersiapkan lebih matang seperti sistem keamanan dalam gedung mulai dari kesiagaan gawat darurat, suplai air dan juga listrik.
“Saya lihat bangunan ini sudah cukup siap, dan kami berikan kesempatan dua minggu dari sekarang untuk mempersiapkan kesiapan lainnya seperti alarm kebakaran, hydrant, surkulasi udara, suplai air dan listrik,” jelas Danny.
Beberapa waktu lalu, tambah Danny, dirinya sempat bertemu dengan delegasi pedagang untuk membahas persiapan pedagang sebelum mengisi atau menempati kios dan lods. Termasuk mempersiapkan berbagai hal seperti administrasi sebelum masuk. Sedangkan pihak PT MTIR diminta untuk lebih mempersiapkan teknis-teknis sebelum memasukkan pedagang jelang bulan puasa.
“Masuknya pedagang sebelum bulan puasa menurut saya momen yang sangat ditunggu-tunggu pedagang. Kehadiran saya guna memberikan keyakinan kepada pedagang bahwa pemerintah kota tidak pernah angkat tangan atau meninggalkan pedagang dalam menghadapi masalah. Persoalan gonjang ganjing harga, itu persoalan antara pedagang dan pihak PT MTIR, kita hanya sebagai wasit. Kalau sudah mendekati kesepakatan, pemerintah kota sudah dapat mempersiapkan untuk masuknya pedagang,” katanya.
Ditempat yang sama, Humas PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR), Imran Bachtiar memastikan paling lambat 1 Maret, Makassar Mall sudah siap untuk dilakukan uji kelaikan yang mencakup pada sistem keamanan, suplai air dan listrik. Sedangkan sebelum memasuki bulan puasa, para pedagang juga dapat memasuki kios dan losd yang telah diselesaikan administrasinya.
“Kita fokuskan 1.800 pedagang lama untuk masuk menempati kios dan lods, kita memang target sebelum puasa pedagang sudah bisa masuk berjualan,” sebutnya. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top