DPRD Makassar Desak Sertifikatkan 10 Pasar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

DPRD Makassar Desak Sertifikatkan 10 Pasar

KOLAKAPOS, Makassar–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendesak Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar untuk mengurus alas hak berupa sertifat untuk 10 pasar.
Ketua Komisi B Bidang Keuangan DPRD Makassar, Amar Busthanul mengatakan, aset pemkot kini terancam jatuh ke tangan orang lain jika tidak ada keseriusan untuk melakukan sertifikasi. “Mestinya Dirut PD Pasar, Bustam Rahim harus aktif melakukan pengurusan administrasi,” ungkapnya.
Adapun pasar yang tidak memiliki bukti kepemilikannya, diantaranya Pasar Maricaya, Hartaco, Pabaengbaeng, Panammpu, Pasar Baru, Toddopuli, Mandai, Tamamaung, Sudiang dan beberapa lainnya.
Amar menambahkan, jika PD Pasar terus mendiamkan tidak mengurus alas hak pasar maka potensi lokasi pasar akan diambil oleh orang lain yang mengaku pemilik lahan tersebut.
Legislator Fraksi Gerindra itupun menyebutkan, akibat tidak jelasnya kepemilikan di lahan yang ditempati pasar, maka bantuan untuk pembangunan pasar dari pusat dialihkan ke daerah lain. Pemerintah Pusat kata dia, tidak akan membangun pasar yang tidak memiliki bukti alas hak yang otentik.
Sementara itu, Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir mendorong seluruh pejabat untuk membantu PD Pasar melakukan sertifikasi sejumlah pasar. “Ini harus dikerja bersama-sama. Mari sama-sama meningkatkan Makassar lebih baik lagi seperti kepemilihan alas hak berupa sertifikat,” tuturnya.
Lanjut dia, saat ini pihaknya terus menelusuri pencarian dokumen sebagai dasar untuk mensertifikatkan pasar yang ada. Wahab juga turut membenarkan jika ada sejumlah pihak yang mengklaim Pasar Panampu dan Toddopuli sebagai miliknya. “Kita masih memanggil sejumlah pihak untuk satu-satu menjelaskan dan memberikan sertifikat kepemilikan, karena kita yakin dengan bantuan seluruh tokoh masyarakat, pasar itu akan dipertahankan,” tutupnya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top