Mapala USN Kolaka Sudah 10 Kali Gelar Pendidikan Dasar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Mapala USN Kolaka Sudah 10 Kali Gelar Pendidikan Dasar

Kegiatan UKM Mapala USN Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Sembilanbelas November (USN-Kolaka), Sulawesi Tenggara intens menunjukkan eksistensinya sebagai wadah organisasi intra kampus, yang ikut andil dalam pengembangan potensi minat, bakat para mahasiswa. Hal tersebut, ditunjukkan dengan kiprah salah satu UKM yang ada di kampus merah maron itu, seperti Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala). Sejak terbentuk pada 2006 lalu, UKM Mapala USN Kolaka aktif melaksanakan kegiatan, diantaranya penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar). Tercatat sudah 10 kali kegiatan tersebut digelar. Pada 6-16 Februari 2017 lalu, Mapala USN Kolaka kembali melaksanakan kegiatan Diksar.

Ketua UKM Mapala USN Kolaka, Amiruddin mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu berlangsung selama 10 hari, selain aplikasi materi ruangan juga peserta diterjunkan langsung ke lapangan. “Kegiatan lapangan bertujuan untuk pengenalan dan orientasi lapangan. Sedangkan, kegiatan materi ruangan diberikan pengetahuan manjemen secara umum, pengetahuan navigasi (ilmu medan), teknik bertahan hidup (survival), keterampilan outdoor, dan pertolongan pertama dan evakuasi, pengenalan obat-obatan, dengan menghadirkan pemateri dari Basarnas SAR dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka, “ujarnya.
Khusus pada kegiatan lapangan, lanjut Ketua Mapala USN Kolaka bahwa peserta melakukan crous cantry (lintas medan) dengan menempuh rute perjalanan dari Kecamatan Mowewe menuju Permandian Ulunggolaka Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. “Rute yang dilalui itu, selama ini memang sudah paten ditetapkan dan digunakan dalam kegiatan Diksar Mapala USN, dengan melewati kawasan hutan dan pegunungan yang membentang di daratan wilayah Kolaka, “tambah Amiruddin.
Sedangkan Pembina UKM Mapala USN Kolaka, Ashari Arifin dalam kesempatan terpisah menegaskan bahwa kegiatan Diksar tersebut, merupakan kegiatan rutin yang secara intes dilaksanakan, dan kegiatan yang ada di UKM Mapala USN tidak semata fokus kegiatan penggemblengan keterampilan lapangan, tapi orientasi kegiatan UKM juga tak lepas bagaimana memberdayakan wadah organisasi kemahasiswaan tersebut. “Adik-adik mahasiswa dalam penalaran bakat, minatnya senantiasa di bina sikap, mental dan sendi moralnya. Sehingga, mereka ketika selesai dari bangku kuliah memiliki bekal yang mumpuni untuk masa depannya, terutama dalam perilaku dan segala hal yang positif dalam kehidupannya di tengah masyarakat, “tuturnya.
Sementara itu Rektor USN Kolaka Azhari, melalui kepada Kasubbag Kerjasama dan Humas USN, Takwa menyatakan pihak kampus akan selalau mendukung kegiatan UKM sepanjang tidak bertentangan dengan aturan dan kegiatannya mendapat pendampingan dari dosen. “Pihak Kampus selalu mendukung kegiatan kemahasiswaan, sepanjang itu bermanfaat, tidak melanggar aturan, memiliki izin resmi, serta mendapat pendampingan dari dosen pembimbinng,” ujarnya. (cr4/c/hen)

Ketgam: kegiatan Pendidikan dasar Mapala USN

Click to comment

The Latest

To Top