LM Rusman Emba : Kades Harus Jadi “Pelayan” Masyarakat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

LM Rusman Emba : Kades Harus Jadi “Pelayan” Masyarakat

KOLAKAPOS, Raha–Bupati Muna LM Rusman Emba kembali melantik 31 orang kepala desa (Kades) persiapan dan 11 orang Pelaksana (plt) Kades di aula gedung Galampa Kantolalo jalan bypas Raha Jumat (17/2) siang. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bumi Sowite itu meminta agar seluruh kades yang baru dilantik tersebut dapat jadi pemimpin yang profesional yakni harus menjadi panutan, penuntun, dan menjadi pelayan masyarakat bukan untuk dilayani serta mampu memahami masyarakat bukan untuk dipahami “Jadi fungsi-fungsi kades itu berbeda dengan dulu. Kalau dulu kedes itu secara struktural ada pengakuan dari masyarakat untuk dilayani, dihormati, sekarang berubah. Menjadi seorang pemimpin didesa itu, itu menjadi pelayan. Jadi, apapun yang terjadi didesa kita harus punya andil, harus punya perhatian sekecil apapun juga,” tegas LM Rusman Emba.

Olehnya itu, eks anggota DPD RI itu berharap agar seluruh kades yang dilantik dapat melaksanakan tugas dan pengabdiannya secara optimal, supaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas dapat terwujud. Serta seluruh kades dapat bersinergi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan pembangunan di wilayah kabupaten Muna semakin maju sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera. “Ruang-ruang pengabdian hari ini begitu luas khususnya di desa. Saya kira hari ini dana ADD begitu luas biasa, kemudian dana pendampingan luar biasa sekali. Saya kira tinggal pintar-pintarnya kita sebetulnya, apalagi sekarang ada satu konsep pemerintah yaitu mengenai pengembangan jagung hampir sekitar 50 ribu hektar. Itu, pak desa bisa maksimalkan, karene itu sangat luar bisa sekali,” pintahnya.

Ditempat yang sama, Kabid Pemdes BPMPD Muna Rustam menghimbau agar 31 orang kades persiapan yang baru dilantik itu agar segera mempersiapkan dokumen administrasi untuk menuju desa yang devenitif. “Desa persiapan ini di evaluasi 2018. Jadi ketika 2018 itu dianggap sudah memenuhi syarat, maka bisa jadi desa tersebut akan di devenitifkan. Tapi, kalau tidak memenuhi syarat maka akan dilebur kembali ke induk,” katanya.

Selain itu, Rustam berharap pada 11 Plt Kades yang juga dilantik saat itu agar mampu melaksanakan proses pilkades supaya dalam pelaksanaanya dapat berjalan baik aman dan tertib. “11 Plt kades ini nantinya mereka menjabat hingga proses pilkades yang dipastikan diselenggarakan secara serentak di bulan Mei 2017,” terangnya.

Pantauan Kolaka Pos siang itu, pelantikan 42 kades di aula galampa Kantolalo dihadiri Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Sekda Muna Nurdin Pamone, jajaran pimpinan SKPD Muna serta pendamping keluarga kades yang dilantik. (m1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top