Dorong Produk Lokal Go International, Bekraf akan Tiru Korea Selatan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Dorong Produk Lokal Go International, Bekraf akan Tiru Korea Selatan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bertekad para pelaku ekonomi kreatif bisa membuka gerai produk-produk lokal di luar negeri. Saat ini pasar luar negeri tengah melirik kualitas dan keunikan produk lokal. Hany saja, mereka kesulitan buat memasarkannya. Sebaliknya, Indonesia kini dipenuhi berbagai produk luar negeri di gerai-gerai pusat perbelanjaan.

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mencontohkan pasar internasional menyukai kualitas dan kreativitas pakaian muslimah tanah air.

Hal itu terbukti saat pagelaran fesyen dan busana muslim tanah air menghipnotis pasar Eropa dan Amerika Serikat.

“Kenyataannya baju muslim tak hanya dipakai masyarakat muslim di Eropa. Di London Fashion Week itu produk kita habis. Begitu pula saat di Amerika kita bawa baju ke sana, masyarakat di sana bertanya di mana bisa beli baju kita karena gerainya belum ada, ini sedang kami pikirkan,” kata Fajar di Bintaro, Sabtu (19/2).

Fajar menjelaskan pakaian muslim lokal di luar negeri juga dipakai untuk pakaian musim dingin. “Ini jadi pekerjaan rumah kami punya gerai di sana. Di sini kan ada Zara, Mango, kita juga ingin,” katanya.

Begitu pula di bidang kuliner, Bekraf tengah mengembangkan “Kuliner Rasa Indonesia Mendunia”. Pihaknya memanfaatkan rasa soto yang khas. Fadjar ingin soto tanah air sama populernya dengan Tom Yam khas Thailand.

“Lalu kopi, kita tak ingin kopi-kopi hanya lewat kedai tetapi warung-warung kopi juga lewat komunitas,” tegasnya.

Fadjar mencontohkan totalitas Koreas Selatan dalam mengembangkan industri sinetron begitu besar. Korea berhasil menghipnotis kaum hawa di tanah air tergila-gila dengan drama Korea.

“Korea sukses kembangkan ekonomi kreatif. Kembangkan industri sinetron. Mereka bagikan gratis ke stasiun televisi dan ibu-ibu suka banget. Dan itu mempengaruhi mindset perilaku pembelian. Itu namanya efek sublimasi. Ini menjadi kajian kami,” jelas Fadjar. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top