Baruga Sangiaseri Akan Disulap Jadi Taman – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Baruga Sangiaseri Akan Disulap Jadi Taman

KOLAKAPOS, Makassar–Tahun ini, Pemprov Sulsel akan menambah cakupan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di dalam Kota Makassar. Salah satunya, akan dibuat taman terbuka hijau di dalam areal rumah jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka.

Lokasi RTH mengambil lahan yang diatasnya masih berdiri Baruga Sangiaseri, yang selama ini difungsikan oleh gubernur untuk menggelar berbagai kegiatan termasuk pelantikan pejabat.
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan, pihaknya sudah merencanakan untuk merubuhkan tempat pertemuan yakni Baruga Sangiaseri untuk disulap menjadi RTH. Bukan itu saja, lapangan tempat upacara di areal itu juga akan dibenahi karena sudah tidak memungkinkan untuk dipergunakan.
Setiap hujan, jelas Andi Bakti, genangan air di lokasi itu cukup parah. Begitu juga dengan taman yang ada di sebelah utara rumah jabatan akan dipercantik dan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau dan akan lebih dimaksimalkan.
Sebagai ganti Baruga Sangiaseri, saat ini sudah berdiri bangunan baru di belakang masjid rujab yang dalam waktu dekat sudah bisa difungsikan.
“Jadi kita akan maksimalkan RTH di kawasan rumah jabatan. Kita benahi taman-taman dan lapangan upacara. Baruga Sangiaseri juga akan dirubuhkan. Selanjutkan akan dijadikan RTH serta tempat parkir, ” ungkap Andi Bakti.
Kegiatan penataan RTH itu menurut rencana sudah akan ditenderkan dalam waktu dekat.
Lebih jauh dikemukakan, berdasarkan aturan, dipersyaratkan 30 persen areal sebagai RTH. Sekitar 20 persen untuk publik, dan 10 persen bersifat privat. Pihaknya senantiasa mendorong bagaimana RTH memenuhi standar peraturan yang ditetapkan.
Untuk Kota Makassar sendiri, menurutnya, baru mencapai 7-8 persen pengembangan RTH. Dia berharap SKPD yang menangani hal itu segera merealisasikan programnya. (fajar)

Click to comment

The Latest

To Top