Bapenda Percaya Diri Targetkan PAD Rp3,3 T – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Bapenda Percaya Diri Targetkan PAD Rp3,3 T

ILustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pajak Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu sumber pendapatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang terbesar. Tahun ini, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel dengan percaya diri menargetkan mampu meraup Rp3,3 triliun dari beberapa item pajak untuk PAD.

Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengatakan, target ini naik dibanding pencapaian tahun lalu sebesar Rp3,19 triliun.
Menurutnya, target ini naik tentu sudah melalui berbagai perhitungan. Sumber pajak terbesar masih dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), meski tak ada kenaikan pajak, tapi jumlah kendaraan tentu mengalami kenaikan beberapa tahun terakhir.
Karena itu berbagai program andalan telah disiapkan pihaknya, mulai dari penagihan door to door, dimana setiap pegawai yang ada di Bapenda dan Samsat, diberi target pajak yang harus dikumpulkan dari penunggak pajak yang ada.
Selain itu, ada program penertiban PKB, yang tahun ini akan bekerjasama dengan kepolisian. Jika sebelumnya kepolisian tak bisa menindak pengendara yang menunggak pajak, ke depan mereka akan terlibat dalam penertiban PKB tersebut.
“Tahun lalu saja, kita berhasil mendapatkan tambahan dari tunggaan wajib pajak, sekitar Rp200 miliar lebih. Kita berikan intensif terhadap petugas dan pegawai yang berhasil mengumpulkan tunggakan pajak ini,” jelasnya.
Mantan pelaksana tugas Bupati Soppeng ini menambahkan, beberapa program akan dilaksanakan tahun ini. Mulai dari Samsat Care, dimana petugas pajak akan langsung mendatangi masyarakat untuk menawarkan jasa pembayaran pajak.
“Program ini terutama untuk mereka yang tak bisa datang ke kantor Samsat melakukan pembayaran. Sebagai langkah awal, program ini akan dimaksimalkan di lembaga atau instansi pemerintahan,” ungkap Tautoto di Kantor Gubernur Sulsel.
Untuk penambahan sarana dan prasarana, Bapenda akan melakukan pembangunan dua kantor unit pelaksana teknis (UPT)Samsat di Kabupaten Jeneponto dan Toraja Utara dengan anggaran Rp6,3 miliar. Serta pengadaan armada Samsat Keliling sebanyak 3 unit dengan anggaran Rp570 juta. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top