Satu TPS PSU Tuntas – KPU Klaim 1883 TPS Sukses Melakukan Pemungutan Suara – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Satu TPS PSU Tuntas – KPU Klaim 1883 TPS Sukses Melakukan Pemungutan Suara

KOLAKAPOS, Kendari–Tidak lama setelah dibatalkan, pemungutan suara di salah satu TPS di desa Inuhu Kecamatan mawasangka Timur berhasil diulang. Pemungutan suara ulang itu dilaksanakan selang sehari pasca pemungutan suara serentak.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra Hidayatullah. “Sudah selesai kemarin, diputuskan pada saat hari H antara KPU dan Panwas untuk melaksakan PSU tanggal 16, surat panggilannya dibagikan pada tanggal 15 juga,” sebutnya.
Dipastikan dari 164 DPT di TPS tersebut terdapat 114 suara yang melakukan PSU, atau sesuai dengan surat suara yang batalkan pada pemungutan suara serentak. “KPPSnya tidak menandatangani surat suara hingga masuk kotak suara, itu kan menyalahi prosedur, yang diatur di ketentuan perKPU nomor 10 tahun 2016. dari 114 surat suqrq yang dibatalkan, yang memilih 109 saja. Sedangkan yang lima orang sudah kembali ke Baubau untuk berdagang,” terangnya.

Ketua KPPS yang lalai hingga menyebabkan PSU kata Dayat, sudah diberhentikan dan langsung digantikan oleh ketua baru, salah satu orang dari anggota KPPS. “Ketua KPPS sudah diberhentikan dipecat. Dari sisa enam orang langsung menunjuk ketua baru,” terangnya.

Terkait alasan ketua KPPS tidak menandatangani surat suara, mantan ketua KNPI Sultra ini mengatakankan terjadi kekhilafan yang dilakukan oleh ketua KPPS.
“Alasannya lupa tidak ada niat apa-apa hanya dia lupa saja, kan sudah berjalan baru diingatkan. Ini beresiko tidak bisa dibedakan mana surat suara sah yang sudah dipakai, tanda tangan ketua KPPS itu untuk membedakan itu, tidak boleh ada tanda, juga sama dengan menulis nama orang disitu itu kan tidak boleh,” ujarnya.
Ditambahkah untuk tujuh daerah di Sultra yang melakukan pemungutan suara terdapat 1883 TPS dan saat semuanya telah sukses melakukan proses pemungutan suara.
“Semuanya 1883 TPS, dihari pertama 1882 sukses, ditambah satu yang PSU jadi 1883,” dan semuanya sudah berhasil melakukan proses pemungutan suara dengan aman dan baik,” tandasnya. (k1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top