STQ Konut ke-5 dan Festival Seni Qasidah Digelar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

STQ Konut ke-5 dan Festival Seni Qasidah Digelar

Bupati Konut H. Ruksamin saat memasangkan Toga Kepada ketua dewan hakim STQ ke-5 Tingkat Kabupaten Konawe Utara tahun 2017.FOTO:Andi Jumawi/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Wanggudu–Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-5 dan Festival Seni Qasidah ke-1 tingkat Kabupaten Konawe Utara (Konut) resmi digelar kemarin (16/2). Kegiatan ini diikuti oleh ribuan Kafilah dari 13 kecamatan di Konut, para kepala Desa, camat dan lurah, majelis Taklim, Pelajar sekabupaten Konawe Utara.

Pawai STQ star di Halaman Masjid As-Salam Konawe Utara dan Fhinis di Lapangan Upacara Pemkab Konawe Utara. Acara dimulai dengan devile para Kafilah sekabupaten Konawe Utara, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Saidah Jalil, dan laporan Ketua Panitia Pelaksana.
Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan seleksi para kafilah dari seluruh kecamatanuntuk mewakili Kabupaten dalam kegiatan MTQ tingkat Provinsi dan Nasional nantinya. Dilanjutkan dengan pengukuhan panitia pelaksana STQ ke-5 dan Panitia Pelaksana Festival Seni Qasidah ke-1 tahun 2017 oleh Bupati Konawe Utara.

“Kita patut bersyukur karena pada hari ini (kemarin, red) kita bisa menyelenggarakan pembukaan STQ ke-5 dan Festival Seni Qasidah ke-1 tingkat kabupaten Konawe Utara. Saya juga instruksikan kepada panitia agar jangan ada perekrutan peserta STQ ini dari luar kabupaten Konawe Utara. Bahkan saya tekankan kepada semua camat agar jangan lagi merekrut anak-anak atau peserta STQ dari luar Konawe Utara, karena saya yakin kita punya putera dan puteri di Konawe Utara ini mampu untuk menjadi peserta dan bisa bersaing dengan daerah lain,” tegas Ruksamin.

Selain itu ia juga menyampaikan, akan pentingnya kegiatan STQ ini karena dijadikan sebagai ajang untuk merekrut para Qori dan Qoriah di Kabupaten Konawe Utara ini untuk nantinya bisa menjadi wakil di ajang MTQ tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Buton Utara pada tahun 2018.

“Saya merasa bangga dengan apa yang dibawakan oleh saudari kita tadi yang membacakan ayat suci Al-Quran yang begitu indah. Saya yakin ini hanya karena belum mendapatkan kesempatan sehingga kita belum bisa tampil diajang yang lebih tinggi. Namun kedepan saya yakin semua itu bisa kita raih jika mulai dari sekarang kita didik anak anak kita melalui STQ, TPA dan lainnya,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan marchine band dari Siswa SMA N 1 Asera. kegiatan ini diisi pula dengan pengukuhan Raup, S. Ag sebagai Ketua Panitia Pelaksana STQ ke-5 dan Festival Qasidah ke-1 oleh Bupati Konut serta pemasangan Toga kepada Ketua Dewan Hakim H. Hasdin Has, LC.,M.T.h.I dan 15 anggotanya sebagai tanda dimulainya kegiatan STQ Kabupaten Konawe Utara, mulai hari Kamis 16 Februari 2017 sampai tanggal 20 februari 2017.

Ketua Dewan Hakim, H. Hasdin Has mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan ini dimana nantinya bisa mencari bakat baru untuk mewakili Konawe Utara. Terkait larangan untuk mengikutkan orang dari luar konawe utara sebagai peserta STQ dan Festival Seni ini, ia tegaskan akan menjalankan dengan baik dan akan dibahas.
“Kita akan lakukan penilaian secara subyektif dan yang jadi juara betul-betul putera daerah sesuai arahan Bupati tadi, ungkapnya. Yang menjadi titik perhatian dalam hal ini adalah di Konawe Utara ini masih minim penghapal Al-Quran, kalau lima Juz masih bisa kita dapatkan namun untuk sampai 30 Juz penghapalan Al-Quran sampai tiga puluh juz kita pasti akan bekerja berat, namun itu tak menjadi kendala bagi kami karena itu sudah tugas kami, pungkasnya. (k7/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top