AKD DPRD Kolaka Berganti – KOLAKA POS

KOLAKA POS

DPRD KOLAKA

AKD DPRD Kolaka Berganti

Perhitungan suara saat pemilihan ketua BK

KOLAKA POS, Kolaka — Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kolaka kemarin berganti dalam sidang paripurna yang dilakukan untuk agenda tersebut. Beberapa komposisi dan strukturnya pun berubah setelah dilakukannya pemilihan dalam tubuh AKD tersebut.
Proses pemilihan untuk komposisi ketua berlangsung demokratis. Dari pantauan hanya perebutan Ketua Komisi I yang sempat berlangsung alot karena menggunakan sistem pemilihan tertutup dengan cara voting. Sementara Di beberapa alat kelengkapan semuanya berjalan lancar dengan cara aklamasi atau penunjukkan langsung.
Di Komisi I yang membidangi pemerintahan dan hukum misalnya, dalam pemilihan tertutup kemarin ada 2 kandidat yang mengajukan diri menjdi calon Ketua, mereka adalah Dr. Bakri Mendong (Legilator Golkar) vs Musdalim Zakir (Legislator PKPI).
Dalam voting tersebut, kandidat dari Fraksi Golkar Dr. Bakri Mendong harus mengakui kemenangan Musdalim Zakkir dengan posisi 4 Suara untuk Musdalim Zakkir sementara Bakri Mendong mendapat 3 suara dari total anggota Komisi yang hadir dalam voting Tersebut 7 orang. Sehingga Musdalim Zakkir akhirnya terpilih sebagai ketua Komisi I. Dan dalam pemilihan itu juga disepakati Untuk posisi Wakil Ketua Komisi I dijabat oleh Nico Bara Sombalayuk legislator Hanura, Sementara sekretarisnya di pegang oleh Ahmar dari PKS. Dan untuk keanggotaan komisi I terjadi perubahan dimana Kaharuddin Legislator Gerindra masuk menggantikan Edy Haryono Legislator PDI-P yang berpindah ke Komisi III.
Sementara di Komisi II yang membidangi perekonomian dan keuangan, pemilihan unsur ketuanya tak sealot di Komisi I. Sebab Legislator senoir dari Hanura, Saenal Amrin, masih mampu meyakinkan anggota komisi II untuk tetap mempercayakannya memegang jabatan ketua Komisi. Begitu juga untuk posisi Wakil Ketua Komisi II juga tak berubah tetap dijabat oleh Rusman dari PKS, dan juga sekretaris nya tetap dijabat oleh Amiruddin Massanya dari PAN.
Sedangkan proses pemilihan unsur ketua Di komisi III yang membidangi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat juga terjadi aklamasi. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, di komisi ini tidak ada voting dalam pemilihan strukturnya.Edy Gunawan Arafik (legislator PKS) ditunjuk secara aklamasi menjadi ketua Komisi. Sementara Wakilnya kini dijabat oleh Rusman dari Demokrat dan sekretaris nya dijabat oleh Muh. Gassing HS dari PBB.
Sedangkan pada pemilihan anggota Badan Kehormatan (BK) yang dilaksanakan melalui voting tertutup dalam sidang paripurna itu, Kahruddin (legilsator Gerinda) tetap bertahan menduduki posisi Ketua BK setelah unggul dari 4 kandidat lainnya dengan Raihan 13 suara.
Sementara di Badan Pembentukan Raperda yang dulunya di ketuai oleh Syarifuddin Baso Rantegau legislator PDIP, kini digantikan oleh Muh. Ajib Madjib setelah berlangsung pemilihan secara aklamasi.
Usai sidang Paripurna tersebut Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir berharap para wakil rakyat yang kini menduduki jabatan di AKD Tersebut dapat menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.
“Kita sudah lihat tadi semuanya berjalan lancar dan demokratis, sebagai ketua tentu saya berharap yang terpilih bisa menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya dan tentunya tak lupa saya ucapkan selamat kepada mereka yang terpilih,” ujarnya. (cr4/b/hen)

 

Click to comment

The Latest

To Top