Terlibat Money Politik, Calon Kades Bakal Didiskualifikasi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Terlibat Money Politik, Calon Kades Bakal Didiskualifikasi

Kepala DPMD Konawe Utara, Sulkarnain Sinapoi, S. Sos. Doc.

KOLAKAPOS, Wanggudu–Pesta rakyat Pilkades serentak di 40 desa dari 13 kecamatan di kabupaten Konawe Utara, yang akan digelar pada 28 Februari telah merampungkan tahapan visi misi.
“Pilkades serentak yang akan kita laksanakan (28/2) ini sudah memasuki tahap visi misi, namun masih ada beberapa desa yang belum masuk data dari panitia sembilan sehingga kami masih memberikan kesempatan untuk segera melengkapi administrasi para calon,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara, Sulkarnain Sinapoi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/2).
Adapun salah satu persyaratan bakal calon Kades berdasarkan perda nomor 9 tahun 2014, tentang buta baca Al-Quran setiap calon Kades harus mendapat rekomendasi dari KUA masing-masing kecamatan.
“Memang ada laporan bahwa ada calon yang belum bisa membaca Al-Quran, namun hal itu kami kembalikan kepada masing-masing panitia sembilan, untuk berkoordinasi dengan pihak KUA karena seleksi berkas lolos dan tidaknya adalah kewenangan dari panitia sembilan,” bebernya.
Mantan Kabag Pemerintahan Konawe Utara ini menambahkan, untuk tahapan visi misi ini diberikan waktu sejak 10 Februari hingga 15 Februari, namun tetap diberikan kesempatan kepada yang belum rampung berkasnya hingga 18 Februari.
“Tanggal 18 Februari masuk tahapan kampanye hingga tanggal 25 Februari dan tanggal 25 Februari hingga tanggal 27 Februari masuk masa tenang, karena tanggal 28 Februari sudah hari H Pilkades serentak. Sesuai aturan jika dalam Pilkades serentak ini ditemukan adanya bukti money politik (politik uang, red), maka panitia sembilan sebagai penyelenggara Pilkades berhak untuk mendiskualifikasi calon tersebut,” tegasnya. (k7)

Click to comment

The Latest

To Top