Petani Bakal Dapat Bantuan Bibit Kelapa dan Cengkih – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Petani Bakal Dapat Bantuan Bibit Kelapa dan Cengkih

Net/Ilustrasi Bibit Kelapa

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka menyiapkan ribuan bibit kelapa dan cengkih untuk disalurkan ke petani. Nantinya akan di bagikan ke petani yang ada di 12 kecamatan.

“Saat ini bibit yang akan di salurkan untuk kelapa sebanyak 13 ribu pohon dancengkih sebanyak 50 ribu bibit,” ujar Kepala Disbunak H. Bachrun Hanise melalui Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan da Peternakan Kolaka, Muhammad Darwis

Menurutnya, bibit tersebut nantinya dibagikan kepada kelompok tani, agar ditanam untuk menggantikan pohon yang sudah tidak produktif lagi. Sedangkan untuk cengkih itu untuk penanaman baru.

“Nanti kami akan lakukan verifikasi kelompok yang akan meminta bantuan, kami tidak akan berikan bantuan jika, kebun itu bermasalah dan tanpa ada sketsa lokasinya, ” katanya.

Ia juga tidak akan memberika masyrakat yang sudah pernah mendapat bantuan. Artinya Disbun tidak akan memberikan bantuan berulang kepada masyarakat. ” Semua kelompok yang telah menerima bantuan tidak akan berulang, untuk mengantisipasi adanya penerima ganda.

Mengenai bibit Darwis menjamin telah mendapat sertifikasi dari dinas. Jadi ia menjamin bibit yang di salurkan di dari dinas perkebunan tidak asal sembarangan bibit.

“Kami berharap nantinya jika bibit disalurkan petani langsung melakukan penanaman dan melakukan perawatan dengan baik. Jangan pernah berpikir jika bibit bantuan maka masyarakat seenaknya, bibit juga di beli dengan menggunakan uang negara, kalau tidak di Rawat maka yang rugi adalah masyarakat itu sendiri, “ujarnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top