Kembalikan Minat Baca di Lorong – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Kembalikan Minat Baca di Lorong

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Meningkatkan minat baca masyarakat di lorong yang kian hari menurun, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perpustakaan Kota Makassar terus mengoptimalkan keberadaan perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling tersebut menggunakan kendaraan roda empat maupun roda tiga berupa motor pintar yang setiap hari mobile ke sekolah-sekolah di Kota Makassar.
Para siswa dari tingkat SD sampai SMP dapat bebas meminjam dan menikmati buku yang disediakan kendaraan perpustakaan selama 30 menit.
Hanya saja, siswa siswi yang ingin meminjam buku yang disediakan kendaraan perpustakaan keliling terlebih dulu wajib mendaftarkan diri ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar.
Selain di sekolah, Dinas Perpustakaan juga berkeliling masuk ke lorong untuk menyediakan buku ke masyarakat.
Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta kepada BKM mengatakan, setiap masyarakat dan siswa sekolah berhak membaca buku yang disediakan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.
Namun sebelumnya, masyarakat diwajibkan untuk masuk menjadi anggota dengan terlebih dulu mengambil dan mengisi formulir yang diberikan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dengan menyetorkan Kartu Tanda Pengenal.
Masyarakat yang telah mendaftarkan diri secara langsung sudah dapat memiliki kartu anggota perpustakaan gratis, dan dapat meminjam buku-buku berbagai macam judul yang disediakan dengan jangka waktu yang telah ditentukan.
“Ini cara kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat termasuk siswa siswi sekolah. Selain memberikan kesempatan menjadi anggota perpustakaan, kami juga menyediakan tiga unit kendaraan roda empat yang berisi buku-buku dan masuk ke sekolah-sekolah. Sedangkan untuk kendaraan motor pintar juga sama, hanya saja lebih menjangkau ke tempat-tempat yang sulit diakses mobil perpustakaan seperti lorong-lorong,” sebut Andi Siswanta, kemarin.
Dia berharap, adanya perpustakaan keliling, masyarakat dan siswa sekolah dapat memanfaatkan dan menjaga budaya membaca buku untuk meningkatkan kecerdasan serta wawasan dari membaca buku.
Setiap hari, perpustakaan keliling untuk kendaraan roda empat membawa sebanyak 1.000 eksamplar buku dengan 500 judul dan untuk kendaraan motor pintar setiap hari membawa 500 eksamplar buku dengan 250 judul. Dimana setiap eksampar buku, memiliki dua judul buku.
“Satu judul ada dua buku agar pembaca dapat menikmati semuanya. Setiap hari baik roda empat dan motor pintar bisa memberikan pelayanan di tiga sekolah setiap hari dan itu dilakukan secara bergiliran,” katanya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top