Rp 115 Miliar Untuk Bangun SDA PDAM – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Rp 115 Miliar Untuk Bangun SDA PDAM

Kantor PDAM Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Membangun Sumber Daya Air (SDA) Sungai Baku milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka, Kementerian Pekerjaan Umum mengucurkan dana kepada Pemerintah Daerah Kolaka sebanyak Rp 115 Miliar.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei mengatakan, tahun ini pemerintah mulai merencanakan proses tender pembangunan sumber daya air baku PDAM di Sungai Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga.

“Pembangunan sumber daya air baku PDAM bukan lagi di Kelurahan Sakuli tapi kini akan dibangun di sungai Ulunggolaka dengan biaya yang cukup besar mencapai Rp 115 Miliar,” terangnya.
Menurutnya, dipilihnya sungai Ulunggolaka sebagai pusat sumber daya air baku PDAM, karena setelah dilakukan pengkajian sungai tersebut memiliki debet air yang cukup besar. Selain itu air sungai Ulunggolaka selama ini hanya terbuang percuma tanpa dimanfaatkan baik untuk keperluan pertanian maupun keperluan lainnya.

Sementara lanjut Safei, air sungai Kolakaasi yang saat ini masih digunakan PDAM Kolaka sebagai indukan air baku dinilai tidak lagi higienis karena digunakan masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari.

“Dari sisi ekonomis juga tidak lagi profit, setiap saat bukannya untung malah mengalami kerugian,” keluhnya.

Karena itu ia berharap PDAM Kolaka kedepan bukan hanya digunakan untuk konsumsi masyarakat, namun bisa digunakan untuk konsumsi industri.

“Untuk mewujudkan ini, kami minta dukungan dari semua masyarakat agar pembangunan sumber daya air baku PDAM dapat berjalan tanpa ada hambatan,” pintanya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top