Pemda Konsel Teken Kerjasama dengan Perum Perindo – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Pemda Konsel Teken Kerjasama dengan Perum Perindo

Bupati bersama dirut perindo saat menandatangani perjanjian kerja sama.FOTO:Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bersama Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) melanjutkan kerjasama penandatanganan kerja sama surat perjanjian pinjam pakai tanah milik Pemda Konsel, guna pengembangan sistem bisnis perikanan melalui kegiatan budidaya di Kecamatan Kolono.

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menjelaskan, kerjasama ini merupakan langkah yang tepat. Karena dengan adanya rencana pengembangan sistem budidaya diharapkan akan tercipta, multiplayer effect dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat khususnya yang bermukim di Kecamatan Kolono.

“Kegiatan ini sangat penting dan berharga bagi keberlangsungan pembangunan di Konsel, dan semoga penandatanganan ini bukan yang terakhir kalinya,” harapnya.

Mantan Ketua DPR Konsel ini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu gerakan mewujudkan visi Konsel sejahtera dari sektor perikanan. Dimana Konsel harus mampu menjadi supliyer bidang perikanan.

“Wilayah Kolono sangat layak untuk investasi dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada, sekaligus memperkenalkan potensi Konsel, bukan hanya dalam skala nasional tapi menjadi skala nasional,” optimisnya.

Ditambahkannya, produk masyarakat akan diintegrasikan dalam sistem bisnis perikanan. Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar menjaga ekosistem laut dari kegiatan yang merusak ekosistem, khususnya di teluk Kolono.

“Teluk Kolono ke depan akan dijadikan kawasan budidaya, sebagai daya dukung peningkatan kesejahteraan masyarakat yakni pasar dan teknologi. Yang pada akhirnya akan menciptakan percepatan kesejahteraan ekonomi, menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Sementara itu Dirut Perindo Ir Syahril Japarin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian tentang potensi secara umum, baik di bidang budi daya perikanan darat maupun perikanan laut.

“Disertakan pula tenaga ahli bidang budi daya perikanan untuk mengkaji secara tepat bidang usaha yang akan dilaksanakan dalam skala industri untuk eksport,” jelasnya.

Atas kerja sama itu Pemda Konsel menyerahkan lahan seluas 10 ha, eks mutiara yang akan di manfaatkan sebagai pilot project, pelaksanaan industri perikanan oleh Perum Perindo. (k5/b)

Click to comment

The Latest

To Top