Warga Lalowaru Keluhkan Penangkapan Ikan dengan Bom – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Warga Lalowaru Keluhkan Penangkapan Ikan dengan Bom

Kapolsek Morut : Kami Akan Melakukan Pengawasan

KOLAKAPOS, Andoolo–Warga Kelurahan Lalowaru Kecamatan Moramo Utara (Morut) Kabupaten Konsel mengeluhkan adanya penangkapan ikan di wilayah pesisir pantai Morut dengan cara pemboman.

Salah seorang warga Kelurahan Lalowaru, Bintang (45) mengungkapkan, maraknya pembomandiwilayah itu mengakibatkan kerusakan pada karang sehingga yang sebelum banyak ikan kini sudah tidak lagi.

“Dulu warga kalau menangkap ikan hanya disekitar pesisir saja, sejak seringnya dilakukan pemboman secara ilegal sekarang nelayan harus menangkap ikan berkilo meter jauhnya,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, khusus Kelurahan Lalowaru sebelumnya banyak yang bekerja sebagai nelayan. Namun dengan kurangnya ikan akibat bom ikan, kini banyak beralih sebagai penambang batu gunung.

“Kita harapkan pengawasan di pesisir pantai ini harus ada, agar tidak ada lagi yang menangkap ikan menggunakan bom ikan, yang akhirnya berdampak pada kerusakan karang yang menjadi rumah bagi ikan,” harapnya.

Sementara itu Kapolsek Morut Iptu Jusman, mengatakan sesuai hasil pantauan dilapangan tidak benar kalau diwilayah pesisir pantai Lalowaru ada penangkapan ikan menggunakan bom.

“Kalau memang ada seperti itu, harusnya ada laporan warga. Namun sampai saat ini kami belum menerima laporan resmi ataupun mendengar ada hal semacam itu,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan adanya pernyataan dari warga, maka dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengawasan diwilayah itu. “Kita akan awasi untuk menjaga pemboman ikan secara ilegal, ini tidak boleh dibiarkan,” tegasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top