Tak Lama Lagi, SMA/SMK tak Gratis–SMA 1 Palopo Terapkan Permendikbud 75/2016 – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tak Lama Lagi, SMA/SMK tak Gratis–SMA 1 Palopo Terapkan Permendikbud 75/2016

KOLAKAPOS, Palopo–Anggaran pendidikan gratis SMA/SMK negeri se Kota Palopo tak lama lagi ditiadakan. Kini seluruh sekolah harus berpikir keras mencarikan solusi agar para siswa tetap dapat menikmati bangku sekolah tanpa ada beban semacam membayar uang sekolah.

Hal ini telah dibicarakan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palopo, Drs Esman MPd bersama dengan ketua komitenya tentang sumbangan dan bantuan orang tua siswa ataupun masyarakat. Esman yang pada saat ditemui oleh Palopo Pos, Rabu 8 Februari 2017 di ruang kerjanya mengatakan, sampai saat ini ketua komite belum memberitahukan kebijakan komite kepadanya.

“Sampai saat ini, ketua komite belum memberitahukan kepada saya tentang kebijakannya mengenai teknik dan kapan akan diberlakukannya kembali Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 tahun 2016,” tutur Esman.

Rencananya, pihak SMA 1 Palopo akan kembali menerapkan Permendikbud ini. “Sebagaimana inti dari Permendikbud nomor 75 tahun 2016 bahwa setiap sekolah dilarang melakukan pemungutan uang komite kecuali masyarakat atau orang tua siswa yang menginginkan untuk menyumbang atau memberikan bantuan kepada sekolah,” jelasnya.

BACA JUGA: Gelar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja
Setelah mendapatkan persetujuan dari ketua komite nantinya, Esman akan melakukan pertemuan dan sosialisasi kepada orang tua siswa tentang Permendikbud ini. “Kita akan melakukan sosialisasi tentang Permendikbud ini agar orang tua siswa maupun masyarakat tidak berprasangka bahwa kami melakukan pemungutan melainkan hanyalah meminta sumbangsih demi memenuhi kebutuhan personalia sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, Esman juga masih menunggu solusi dari Dinas Pendidikan mengenai permasalahan ini. Adapun dampak dari ditiadakannya anggaran pendidikan gratis ini ialah para honorer sampai saat ini belum menerima upah mereka semenjak SMA/SMK sederajat dialihkan ke provinsi. (palopo/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top