Intervensi Dana Desa, Camat Bakal Kena Sanksi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Intervensi Dana Desa, Camat Bakal Kena Sanksi

KOLAKAPOS, Unaaha–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menegaskan kepada pemerintah kecamatan agar Anggaran dana desa (ADD) yang di transfer langsung ke rekening desa agar tidak diganggu atau di intervensi dalam mengelolah keuanganya. Pasalnya, bila kedapatan melakukan intervensi pengelolaan ADD Camat akan mendapatkan sanksi. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Konawe Parinringi beberapa waktu lalu.

Parinringi mengatakan, apabila ada Camat yang ikut mengatur pengelolaan keuangan apalagi meminta uang ke kepala desa dalam alasan apapun maka hal ini perlu dilaporkan. Apa lagi kalau yang dimintai camat merupakan uang yang bersumber dari anggaran dana desa (ADD) APBD dan anggaran desa(AD) APBN hal ini merupakan tindakan kriminal.

“Kalau bicara sanksi jelas dia kena pidana. Sanksinya pasti hukum, ketika dia kena pidana pimpinan akan mencopotnya, kan begitu,” tegasnya.
Ia menjelaskan, fungsi camat dalam pengelolaan keuangan desa baik yang bersumber dari ABPN mupun dari APBD, hanya mengontrol kegiatan pembangunan infrastruktur agar program desa dan program pemerintah daerah semua tidak timpang tindih.

“Pengelolaan keuangannya harus tahu, mulai dari pemerintah kabupaten, dinas-dinas dan kecamatan, karena apa, jangan sampai ada program yang sama-sama di anggarkan daerah dan desa jadi timpang tindih, kita semua berkordinasilah agar tidak terjadi” jelasnya.

Dikatakanya, pemerintah kecamatan hanya perlu melakukan kontrol kegiatan pembangunan desa yang sudah di rencanakan dalam RPJMDes dan musrembang, diluar dari itu camat tidak boleh mengatur tata kelolah keuangan desa,

“Proses pencairan uangnya kan jelas, tunggu permintaanya masuk ke rekening daerah, setelah itu masuk ke rekening masing-masing desa, tidak bisa camat apa lagi kalau sudah cair camat meminta uang” katanya. (m4/b))

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top