Pemda Konsel Jalin Kerjasama dengan USAID – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemda Konsel Jalin Kerjasama dengan USAID

Pemda Konsel bersama USAID saat membahas terkait APIK.FOTO:Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), bersama Unitet States Agency International Development (USAID) yang bergerak dibidang Project Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) RI menjalin kerjasama. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU).

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin menjelaskan, pihak Pemda Konsel sangat mendukung program ini, pasalnya dari 17 Kabupaten Kota di Sultra. Hanya dua Kendari dan Konsel yang mendapat kesempatan dari APIK.

“Program ini sangat bersinergi dan singkron dengan RPJMD Konsel periode 2016-2021, sehingga kedepan kita harapkan pencegahan resiko bencana bisa kita turunkan di angka 60 persen pada tahun 2021,” ungkapnya di gedung Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara (Morut). Rabu (08/2).

2017 ini lanjut dia, sedikitnya ada empat SKPD yang siap melakukan koordinasi terkait dengan APIK diantaranya, Bappeda, BPBD, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kantor Ketahanan Pangan Perkebunan dan Hortikultura.

“APIK ini adalah program yang sangat luar biasa, semoga kedepannya bukan hanya Kel. Lalowaru saja yang mendapat program ini, namun bisa merambah ke beberapa wilayah di Konsel,” harapnya.

Sementara itu Direktur USAID-APIK, Paul Jeffery mengatakan, menjalin kemitraan dengan masyarakat adalah hal yang paling penting, baik itu petani dan nelayan. Pihaknya sangat senang dengan kemitraan yang telah di bangun di Konsel.

“Adanya kemitraan kepada masyarakat ini sangat penting, agar nantinya mereka bisa tangguh menghadapi kejadian cuaca ekstrim. Ada beberapa hal fokus kami, yang pertama, fokus pada kapasitas pengetahuan agar lebih memahami resiko-resiko perubahan iklim, yang berikutnya, desain kerjasama untuk project,” jelasnya. (k5/b)

Click to comment

The Latest

To Top