Tiga Paslon Bupati Kolut Saling Tebar Janji – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Tiga Paslon Bupati Kolut Saling Tebar Janji

Suasana Debat Kandidat Calon Bupati Kolaka Utara.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Sesuai dengan jadwal, kemarin (7/2) tiga Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Kolaka Utara (Kolut) mengikuti debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di gedung Juang Patampanua.

Dalam debat yang digelar, tiga pasangan calon yakni Nur Rahman Umar- H.Abbas (Annur), Bobby Alimudin-Maksum Rami (BAP-MR) dan Anton,SH-Haedirman Sarira (Aman) saling adu pendapat dan menebar janji.

Seperti yang diungkapkan pasangan calon nomor urut satu, Annur. Ia mengungkapkan, bila terpilih nanti menjadi pemimpin di Bumi Patampanua, kedepan akan melakukan revitalisasi dan perbaikan untuk komoditi andalan di bumi patampanua yakni Kakao.

Selain itu, ia juga akan mengajak warga Kolut untuk mengembangkan tanaman hortikultura, sehingga dapat membantu kebutuhan setiap hari rumah tangga. Sebab, tanaman kakao dan cengkeh yang kini menjadi andalan namun tanaman tersebut hanya tanaman musiman sekali setahun.
“Kami akan mengembangkan tanaman hortikultura untuk para petani di Kolaka Utara seperti, jagung, cabe dan lainnya sehingga hasil dari tanaman itu dapat membantu kebutuhan sehari-hari, dan tidak akan menganggu lagi penghasilan dari perkebunan, kami juga akan melakukan pengembangan kewirausahaan sebanyak 1500 selama lima tahun,” ujar Nur Rahman.
Ditempat yang sama, pasangan nomor urut dua, Bobby Alimudin-Maksum Rami (BAP-MR) mengatakan, untuk membangun Kolaka Utara lima tahun kedepan pihaknya akan melaksanakan pemerintahan yang bersih, efektif, akuntabilatas dan trasnparan. Serta akan melakukan penguatan ekonomi untuk kesejahteraan warga.

“Jika kami Insya Allah nantinya diirahmati (terpilih, red), maka sistem pemerintahan yang akan kami bangun bebas dari KKN, efekktif, akuntabilitas, transparan terbuka dalam mengelolah APBD,APBN dan APBD, pemberian modal usaha untuk UKM,menciptakan lapangan kerja membuka akses –impor local, pembangunan harus di orentasikan untuk pemenuhan kebutuhan dasar,” terangnya.

Sementara itu pasangan nomor urut tiga, Anton,SH-Haedirman Sarira (Aman) mengatakan, bila ditakdirkan menjadi pemimpin selanjutnya, pihaknya akan mengembalikan kejayaan Bumi Patampanua seperti di tahun 2008 lalu , Berjaya dengan hasil kakao yang melimpah dengan dengan melakukan revitalisasi perkebunan kakao 3000 hektar selama tiga tahun sehingga di tahun ke lima masyarakat sudah menikmati hasil perkebunanya.
“Kami akan melakukan revitaslisasi kakao selama tiga tahun dan melakukan betonisasi hingga pedesaan yang berada di pegunungan membuat jalan kabupaten yang akan tembut Tobakusampai batu Putih, menghilangkan potongan gaji Pegawai 2,5% dan pungutan retribusi jalan bypass,”Ujar Anton.(cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top