Sinergikan RPJM Desa dan RPJM Kabupaten – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Sinergikan RPJM Desa dan RPJM Kabupaten

Mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), memantapkan regulasi pengalokasian dan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) serta Dana Desa (DD) 2017, yang dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup). Ini dimaksudkan agar dalam pengelolaan dan penyalurannya satu persepsi dan satu payung hukum, sehingga ke depan tidak ada persoalan yang timbul.
Selain itu, Pemkab Konsel menekankan, agar program pemerintah desa harus sinergitas antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kabupaten dan RPJM Desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, I Putu Dharta menjelaskan, tujuan rapat pemantapan itu bukan untuk mengintervensi ADD dan DD di desa, melainkan ingin mensinergikan program desa dan kabupaten termasuk pemerintah pusat.
“Ini juga dijamin dengan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem pembanguan nasional, serta Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa,” jelasnya.
Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD) lanjut dia, disusun mengacu kepada program kegiatan Pemda, Pemprov dan Pemerintah Pusat, bahkan lebih jauh lagi RKPD itu disusun harus mengacu kepada aspirasi teman- teman di dewan.
“Saat ini mulai kita lakukan pembahasan dan penggalangan, untuk memperkuat dukungan semua staekeholder dan kedepannya bisa memahami dan mengerti apa yang kita susun, jadi nanti tidak ada lagi miss komunikasi antara stakeholder yang satu dengan yang lain,” terangnya.
Ditambahkannya, Perbup tahun ini sedikitnya ada empat poin prioritas, yang pertama tentang ADD, DD, pengadaan barang dan jasa, serta tata kelolah keuangan desa.
“Ketika nanti ditemukan desa dalam menyusun RKPD, kemudian tidak sinergi dengan RPJM abupaten, maka itu adalah pelanggaran etika. Dengan begitu kita harapkan pembangunan di desa dan kabupaten tidak terputus-putus, kemudian sesuai dengan sasaran kabupaten, sehingga terwujud Desa Maju Konsel Hebat,” tandasnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top