Petugas Damkar Evakuasi Mobil Jatuh ke Jurang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Petugas Damkar Evakuasi Mobil Jatuh ke Jurang

KOLAKAPOS, Palopo–Personil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo berhasil melakukan evakuasi mobil Grandmax berwarna hitam yang jatuh ke jurang dengan kedalaman 12 meter di wilayah Kambo, Selasa 31 Januari 2017 pukul 15.00 Wita. Untung saja mobil yang membawa jagung tersebut tertahan oleh batu besar, sehingga mobil bersama penumpangnya tidak terlalu jauh masuk ke jurang.

Setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 15.30 Wita, personil Damkar dan Penyelamatan dipimpin Sekretaris Damkar dan Penyelamatan, Drs Rachmad, M.Si menuju lokasi dengan sejumlah peralatan.

Setibanya disana, personil Damkar yang berjumlah 14 orang melakukan evakuasi terhadap mobil tersebut yang berisi 4 (empat) orang. Yakni Hamzah (sopir) , dua anaknya dan juga iparnya. Untung saja kondisi mereka dalam keadaan baik.

Rachmad kepada Palopo Pos mengungkapkan, evakuasi terhadap mobil dan sopir serta penumpang lainnya memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Para personil yang dipimpinnya melakukan evakuasi dengan menarik mobil dari bawah ke atas kemiringan 75 derajat dengan sistim block and tackle. Dengan menggunakan tackle manual, pulley, dan tali karmantel.
”Evakuasi mobil kami lakukan selama 1 jam 45 menit karena kondisi kemiringan yang tajam. Selain personil kami juga dibantu warga setempat. Kami menggunakan sistim block and tackle. Dengan menggunakan tackle manual, pulley, dan tali karmantel dengan sistem pengamanan kendaraan kiri dan kanan,” jelas Rachmad kemarin.

Mobil yang membawa jagung dari Palopo ke Kambo ini, sebutnya tak bisa menguasai medan di wilayah Kambo, sehingga mobilnya jatuh ke jurang. Untung saja ada batu yang menahannya sehingga mobil tak jauh masuk ke jurang.

Sementara itu, Kadis Damkar dan Penyelamatan, Muh Rais membenarkan hal tersebut. Menurutnya, selain bertugas memadamkan api dengan motto ‘pantang pulang sebelum padam’, Dinas Damkar dan Penyelamatan juga bertugas melakukan penyelamatan saat terjadi peristiwa kecelakaan dan bencana alam menjadi satu bagian tugas satuan kerja dinas tersebut.

Menurutnya, kini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bertambah fungsi, selain pemadaman api saat kebakaran, juga memiliki tugas melakukan berbagai penyelamatan saat peristiwa yang terjadi di masyarakat.(palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top