Pelanggan Ragukan Purnajual, Nissan Ubah Image – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Pelanggan Ragukan Purnajual, Nissan Ubah Image

Ilustrasi. Foto: AFP

KOLAKAPOS, Jakarta–Persaingan ketat di industri otomotif tanah air membuat PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berupaya memperkuat brand image.

Upaya tersebut dilakukan dengan memutarkan enam episode reality show Nissan GT Academy.

General Manager Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin menyatakan, masih banyak masyarakat yang belum mengenal Nissan dengan baik.

”Kami ingin menanamkan ke masyarakat bahwa Nissan bukan produk yang kaku, tetapi bisa masuk ke semua kalangan,” terang Budi.

Pada periode April 2016 hingga Maret 2017, Budi mengakui, ada penurunan penjualan karena industri otomotif tanah air sedang berkonsolidasi.

Hingga Maret, Nissan menargetkan penjualan 16 ribu unit.

Pada kurun April sampai Desember 2016, Nissan berhasil menjual 12 ribu unit mobil.

”Tinggal empat ribu unit lagi yang harus kami kejar di bulan Januari sampai Maret ini,” terang Budi.
Kontributor penjualan terbesar masih berasal dari Nissan Grand Livina sebesar 40 persen, Nissan X-Trail mencapai 20 persen, dan Nissan March sebesar 20 persen. Jawa Timur berkontribusi sebesar sepuluh persen dari total penjualan Nissan di Indonesia.

Komposisi penjualan setiap tipe di Jatim pun sama dengan nasional.

”Kami juga fokus untuk improvement dengan menambah jaringan penjualan maupun layanan aftersales,” imbuhnya.

Di jaringan penjualan, Nissan melakukan penambahan jumlah diler dari 115 menjadi 121 di seluruh Indonesia.

Pihaknya juga melakukan peningkatan kualitas layanan aftersales untuk meningkatkan penjualan.

”Masih banyak customer yang ragu dengan layanan aftersales Nissan. Misalnya, servis susah dan spare part sulit ditemui. Kami ingin mengubah image tersebut,” terang Budi. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top