Sama-sama Berjanji Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Mubar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Sama-sama Berjanji Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Mubar

Suasana debat kandidat Cabup dan Cawabup Mubar yang digelar di aula kantor Bupati Mubar, Rabu (1/2) siang.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Dua pasangan calon (Paslon) kepala daerah (Kada) Muna Barat (Mubar), yakni LM Ihsan Taufik Ridwan-La Nika dan pasangan LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani, saling mengumbar janji pada perhelatan debat kandidat calon Kada yang digelar di aula kantor bupati Mubar, Rabu (1/2) siang lalu.

Salah satu janji yang dilontarkan kedua pasangan calon kada ini ialah mereka bakal meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di kabupaten Mubar pada saat menduduki jabatan sebagai Bupati dan wakil Bupati Mubar nantinya.
LM Rajiun Tumada mengatakan, jika dirinya bersama pasangannya Achmad Lamani menjadi bupati dan wakil bupati Mubar, dirinya bakal mewujudkan program dalam bentuk kebutuhan dasar masyarakat disektor pendidikan, yakni memberikan seragam sekolah gratis kepada seluruh peserta didik di Mubar, mulai dari tingkat SD hingga ke tingkat SMP. “Guna menekan pengeluaran ekonomi masyarakat di sektor pendidikan, kami akan memberikan pakaian sekolah gratis kepada seluruh siswa siswi dari tingkat SD hingga SMP, yang jumlahnya mencapai kurang lebih 16 ribu orang,” ucap Rajiun Tumada.
Selain itu, akronim Rahmat ini juga akan memberikan beasiswa bagi masyarakat miskin yang prestasi, agar peserta didik tersebut semakin termotivasi untuk meraih cita-cita mereka. “Kami juga akan memberikan beasiswa buat masyarakat miskin yang punya kemampuan sangat luar biasa,” terangnya.
Sementara itu, pasangan berakronim Insani melalui La Nika mengatakan, persoalan pendidikan merupakan masalah nasional, olehnya itu jika dirinya bersama LM Ihsan Taufik Ridwan, dipercayakan oleh masyarakat Mubar untuk menjadi bupati dan wakil bupati maka mereka akan mengalokasikan sebanyak 20 persen anggaran APBD Mubar untuk dialokasikan kesektor pendidikan.
Tidak hanya itu kata La Nika, untuk mengenjot pendidikan di Mubar agar lebih merata dan berkualitas serta para peserta didik mempunyai wawasan luas, maka program wajib internet akan diberlakukan di seluruh sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP. “Program mencerdaskan siswa siswi dari tingkat SD sampai SMP, kami akan wajibkan internet bagi sekolah-sekolah. Ini adalah untuk membangun wawasan siswa siswi kita,” katanya.
Selain itu lanjutnya, guna meningkatkan budaya lokal dalam dunia pendidikan, akronim Insani juga bakal menyiapkan kurikulum lokal. “Kita juga akan siapkan kurikulum-kurikulum lokal yang berkaitan dengan pendidikan, yang tidak bertentangan dengan pendidikan nasional,” terangnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top