Gelombang Tinggi, Nelayan Enggan Melaut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Gelombang Tinggi, Nelayan Enggan Melaut

Net/Ilustrasi Perahu nelayan diparkir, karena enggan melaut

KOLAKAPOS, Kolaka–Gelombang tinggi melanda perairan Kolaka sejak beberapa hari belakangan ini membuat nelayan memilih enggan melaut. Salah seerang nelayan Kolaka, Imran mengatakan, situasi gelombang yang tinggi disertai angin kencang memang baru kali ini sangat membahayakan jika memaksakan diri melaut jelas akan mendapat musibah.
Menurutnya, jika situasi normal hasil melaut cukup lumayan untuk menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak. Bahkan kata dia, bisa sedikit menyisakan uang untuk berjaga saat tidak bisa melaut.

“Takut saja kadang kalau gelombang sedang tinggi. Intinya nyari aman dan sebenarnya masih ada hari esok. Mudah-mudahan gelombang segera tenang kembali,” harapnya.

Imran juga menuturkan, pekerjaan sebagai nelayan perahu cukup berat, lantaran harus menyeberangi lautan sejauh 20 kilometer hingga sampai di rumpon buatan yang sengaja dipasang sebagai tempat mereka memasang jaring untuk menangkap ikan.

“Kamo belum berani melaui kalau sekarang, kami tidak mau ambil resiko. Kalau masalah uang belanja, nanti di carikan dari sumber lain Yah jadi buruh batu atau ngojek. Tapi untum saat ini kami nelayan rata rata melakukan perbaikan perahu dan alat tangkap saja,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top