Subsidi Listrik Warga Mampu Dicabut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Subsidi Listrik Warga Mampu Dicabut

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Parepare–Sejak 1 Januari 2017, Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmi mencabut subsidi energi listrik bagi pelanggan berdaya 450 VA dan 900 VA yang tergolong mampu. PLN hanya memberikan subsidi bagi pelanggan yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Yang dicabut subsidinya adalah pelanggan 450 VA dan 900 VA yang sudah mampu. Banyak pelanggan yang mapan secara ekonomi, tapi menikmati subsidi listrik.

Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi PLN Area Parepare, Hamzah, Rabu, 25 Januari, mengatakan, pencabutan subsidi listrik bagi masyarakat yang mampu dilakukan sejak, 1 Januari 2017. Saat ini, masih banyak masyarakat yang mampu secara ekonomi menikmati subsidi listrik.

Menurut Hamzah, pencabutan subsidi listrik bagi warga mampu sudah lama direncanakan pemerintah. Ia mengakui, pencabutan subsidi pasti berdampak kepada masyarakat.

Sementara itu, pemerintah telah menetapkan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran melalui Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 28 Tahun 2016, maka terhitung mulai 1 Januari 2017, subsidi listrik pelanggan rumah tangga hanya diberikan kepada pelanggan R1 450 VA dan R1 900 VA yang tergolong miskin.

Warga yang tergolong miskin, kata dia, memiliki salah satu kartu dari 4 kartu yang telah diterbitkan pemerintah, yaitu Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).
Sedangkan tarif pelanggan R1 900 VA yang tergolong rumah tangga mampu tidak disubsidi lagi oleh pemerintah dan akan mengalami penyesuaian secara bertahap mulai 1 Januari sampai 1 Mei 2017.
PLN membuka informasi dan pengaduan atas kebijakan subsidi listrik tepat sasaran dapat dilakukan di kantor kelurahan/kantor desa dengan mengisi formulir pengaduan yang telah disediakan. (parepos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top