Harga TBS Sawit Naik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Harga TBS Sawit Naik

KOLAKAPOS, Riau–Hingga saat ini, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit kembali merangkak naik. Di mana pada pekan ini, harga TBS kelapa sawit berada pada angka Rp2.050 per kilogram. Sementara harga TBS kelapa sawit pada pekan sebelumnya Rp1.750 per kilogramnya.

Sejak dua pekan terakhir harga TBS kelapa sawit memang terus merangkak naik. Di mana harga TBS ini kita jual kepada pabrik kelapa sawit (PKS) di kecamatan Pelalawan dengan harga Rp2.050 per kilogramnya. Hanya saja, masalahnya saat ini kondisi buah sawit sedang mengalami trek, sehingga hasil panen TBS yang diperoleh bisa turun mencapai 50 persen,” terang salah seorang petani kelapa sawit Desa Sering Darmanto (38), Senin (30/1) via selulernya.

Diungkapkannya, jika dihitung dari hasil TBS kelapa sawit yang didapat dari tiga hektare luas kebun kelapa sawit miliknya, setiap bulannya dirinya hanya mendapatkan penghasilan sebesar Rp1,5 juta per dua kali panen dalam satu bulan. Dan jumlah tersebut di dalamnya sudah termasuk biaya panen Rp100 ribu per ton, biaya pupuk tiga kali setahun dan biaya perawatan Rp150 ribu per bulannya.

“Itu artinya, hasil yang diterima dari tiga hektare kebun kelapa sawit dalam satu bulan kurang lebih Rp1 juta. Jadi, meski harga kelapa sawit naik, ekonomi petani sawit belum membaik. Namun demikian, sebagai petani tetap mensyukuri apa yang didapat, karena bagaimana pun juga kenaikan harga sawit saat ini sedikit banyaknya sangat membantu petani,” ujarnya.

Disinggung terkait alternatif lain selain berkebun sawit di Kecamatan Pelalawan guna menopang perekonomian petani, Darmanto menjelaskan, bahwa alternatif lain para petani untuk menopang ekonomi yakni mencari ikan. Pasalnya, Kecamatan Pelalawan merupakan salah satu wilayah. Hanya saja, mencari ikan ini tidak bisa menjadi jaminan petani di Desa Sering untuk menopang ekonomi.(riaupos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top