Dua Desa di Konsel Berseteru “Rebutan” Lahan–Pemkab Janji Cari Solusi Terbaik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dua Desa di Konsel Berseteru “Rebutan” Lahan–Pemkab Janji Cari Solusi Terbaik

Warga dari dua desa yang berseteru masalah lahan saat musyawarah menyelesaikan konflik.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Hingga kini polemik warga desa Rambu-rambu yang mengklaim lahan keluarga mereka, yang sudah turun temurun diserobot masyarakat transmigrasi desa Aepodu, belum juga menemui titik temu.

Untuk menghindari konflik diantara dua desa yang berada di kecamatan Laeya, Konsel, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Konsel, Irwan Silondae, memanggil warga kedua desa untuk melakukan musyawarah mufakat.
“Semua stakeholder kita panggil untuk menyelesaikan persoalan ini, diantaranya dari Badan Pertanahan Konsel, Camat Laeya dan Kapolsek Laeya. Masalah ini juga sudah kesekian kalinya, namun belum ada titik temu,” jelasnya.
Berdasarkan rapat kemarin lanjut dia, sudah disimpulkan bahwa masalah tersebut dapat diselesaikan melalui jalur musyawarah, dimana semua pihak terkait akan turun lapangan.
“Jadi kita akan mencocokkan semua peta, sertifikat yang ada di lahan transmigrasi yang notabene bersertifikat tahun 1982. Untuk melihat mana lahan yang merupakan hak milik masyarakat transmigrasi dan yang bukan,” tegasnya.
Ia membahkan, adapun di lapangan keluarga transmigrasi menggarap lahan di luar hak mereka, itu nantinya akan didudukan bersama antara dua desa untuk mencari solusi yang baik.
“Jadi mereka saling menghormati dan juga legowo, apabila tanah yang mereka garap itu bukan bagian dari lahan transmigrasi. Nantinya akan dimediasi oleh Camat Laeya bersama Polsek Laeya. Dalam waktu dekat ini semua tim akan turun ke lapangan, melihat langsung kondisi riil lahan transmigrasi dan lahan masyarakat desa Rambu-rambu,” tandasnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top