BPJS Kesehatan Luncurkan Fiture Mobile Screening – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

KOTA KENDARI

BPJS Kesehatan Luncurkan Fiture Mobile Screening

KOLAKAPOS, Kendari–Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola resiko penyakit kronis, seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik, jantung koroner, sehingga BPJS Kesehatan meluncurkan mobile screening.

Dengan adanya aplikasi atau fiture Mobile Screening, dapat mempermudah masyarakat mengetahui potensi kesehatannya dengan screening riwayat kesehatan melalui screening Mobile tersebut. Yang sebelumnya peserta mengetahui potensi kesehatannya hanya melalui manual, yakni masyarakat pergi di kantor cabang BPJS atau Fasilitas Kesehatan Mitra BPJS Kesehatan. Dan kini fitur Screening Mobile tersebut bisa diakses melalui handphone.

Dan peserta dapat mendownload aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, melalui Play store kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.

Hal ini dikatakan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Diah Eka Rini.Menurut dia jika masyarakat sudah terdaftar maka akan mudah mengetahui, tingkat resiko penyakit yang dimiliki. Dan jika resiko rendah maka mereka akan disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan latihan fisik minimal 30 menit setiap hari. “Namun apabila dari hasil screening peserta terdeteksi memiliki potensi sedang atau tinggi diabetes melitus, maka mereka akan memperoleh nomor screening sekunder dan akan diarahkan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tempatnya terdaftar untuk mempermudah peroleh tindak lanjut, serta melakukan pengecekan gula dara puasa dan gula darah post prandial,” ucapnya. Rabu, (01/01).

Ia melanjutkan, dan apabila sebuah FKTP ditemukan banyak peserta dengan resiko mengidap diabetes melitus yang tergolong dalam kategori sedang atau tinggi, maka FKTP tersebut dapat melaksanakan edukasi kesehatan dan pembetukan klub resiko tinggi kepada sejumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN_KIS). “Ini kan salah satu bentuk perhatian Pemerintah dari BPJS Kesehatan kepada masyarakat, untuk mempermudah masyarakat,” tambah Diah.

Diah menuturkan dengan diluncurkan fitur screening riwayat kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang praktis digunakan ini, dan peserta JKN_KIS dapat lebih awal untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya. “Karena semakin dini peserta mengetahui resiko kesehatannya, semakin cepat dapat pengelolaan resiko itu dilakukan, sehingga jumlah penderita penyakit kronis dapat menurun,” katanya.

Untuk diketahui selain menu screening riwayat kesehatan, BPJS Kesehatan juga menyediakan menu lain yang dapat digunakan peserta JKN_KIS untuk mengecek status kepesertaan, melihat tagihan iuran, melihat lokasi fasilitas kesehatan dan sebagainya. (P2/hen)

Dikirim dari OPPO Mail

Click to comment

The Latest

To Top